Tips Baterai HP Awet dan Daya Tahan Jadi Maksimal

Tips Baterai HP Awet dan Daya Tahan Jadi Maksimal

(Foto: ist)

Jakarta - Saat ini ponsel jadi salah satu kebutuhan manusia yang keberadaannya sangat penting untuk membantu aktivitas. Sayangnya, alat komunikasi tersebut punya kelemahan khususnya pada daya tahan baterai.

Banyak orang menggunakan ponsel tanpa memperhatikan bagaimana cara merawat baterai agar lebih tahan lama.

Sejumlah masalah baterai ponsel pun kerap muncul, seperti penggunaannya yang boros, meledak, hingga tidak lagi memiliki performa mumpuni seperti saat awal digunakan.

Oleh karena itu, penting bagi pengguna ponsel untuk mengetahui bagaimana cara memaksimalkan daya tahan baterai ponsel agar tidak mengakibatkan masalah.

Nah, berikut ini 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga baterai ponsel agar lebih tahan lama dilansir dari PC Magazine.

Tips Memaksimalkan Daya Tahan Baterai Ponsel

1. Aktifkan mode power saving

Saat berada dalam situasi yang tidak memungkinkan untuk mengisi daya baterai ponsel, kamu bisa mengaktifkan mode power saver atau hemat daya agar lebih menghemat penggunaannya.

Mode tersebut dapat membatasi jaringan, sinkronisasi, dan layanan lokasi serta menyesuaikan fitur seperti Always on Display, membatasi kecepatan CPU hingga 70% sekaligus mengurangi kecerahan hingga 10% untuk menghemat lebih banyak masa pakai baterai.

2. Manfaatkan fitur mode airplane

Ketika tidak membutuhkan data seluler, kamu bisa mengaktifkan mode airplane yang mampu mengurangi kinerja ponsel karena otomatis akan menonaktifkan Bluetooth.

Sering mengaktifkan data seluler justru dapat membuat baterai ponsel cepat terkuras karena dipengaruhi oleh adanya aktivitas sinyal nirkabel yang dikirim dan diterima pada ponsel.

3. Turunkan kecerahan layar ponsel

Layar ponsel yang terlalu cerah dengan cepat dapat menguras daya baterai. Oleh karena itu, turunkan kecerahan dengan cara membuka layar pull-down pada ponsel untuk mengontrolnya.

4. Aktifkan mode gelap sesuai dengan jenis layar ponsel

Bagi sejumlah orang, mengaktifkan mode gelap jadi salah satu cara untuk menjaga kecerahan ponsel agar tidak menyebabkan daya tahan baterai boros.

Padahal, cara tersebut pada dasarnya tidak memberikan efek apapun untuk baterai kecuali jenis ponsel yang memiliki layar OLED atau AMOLED.

Ponsel dengan layar OLED atau AMOLED benar-benar mematikan piksel yang menampilkan warna hitam pada dark mode sehingga bisa menghemat daya baterai hingga satu jam.

5. Kontrol penggunaan aplikasi

Sejumlah aplikasi pada ponsel yang masih tetap berjalan meski tidak digunakan dapat menghabiskan memori dan daya tahan baterai. 

Oleh karena itu, kamu dapat mengaktifkan mode sleep pada aplikasi yang terletak di pengaturan Battery atau App Power Management dalam ponsel. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews