Prediksi Cuaca BMKG: Hujan Guyur Karimun Selama Sepekan

Prediksi Cuaca BMKG: Hujan Guyur Karimun Selama Sepekan

Ilustrasi. (Foto: dok Batamnews)

Karimun, Batamnews - Badan Meteorologi Klimatologi  dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Raja Haji Abdullah Karimun, Kepulauan Riau, memprediksi wilayah Karimun berpotensi diguyur hujan sepekan ke depan.

Prediksi cuaca yang akan melanda wilayah Kabupaten Karimun itu hujan dengan intensitas sedang hingga deras, untuk terjadinya hujan juga diprediksi pada malam hari.

"Prakiraan kami selama seminggu ke depan wilayah Karimun masih ada terjadi hujan, khususnya pada malam hari," ujar Kepala BMKG Karimun, Ilham Syarief Putra, Sabtu (6/8/2022).

Ilham menyebutkan, prakiran cuaca untuk wilayah Karimun tersebut, dipicu dengan adanya belokan angin yang membentuk awan konvektif.

"Karena ada belokan angin yang memicu bertumbuhnya awan konvektif, sehingga curah hujan yang akan terjadi bisa dengan intensitas rendah sampai lebat," katanya.

Kemudian, BMKG menyebut kondisi kecepatan angin di wilayah Karimun saat ini berkisar 10-15 knots.

Sehingga, kondisi gelombang laut di perairan Karimun masih tidak terlalu tinggi dengan berkisar sekitar 0,5 meter.

"Namun kita tetap mengimbau jasa angkutan laut atau nelayan agar tetap waspada dan hati-hati, karena cuaca saat ini sedang tidak menentu," katanya.

Ia menjelaskan, wilayah Kabupaten Karimun sebenarnya berstatus non musim. Meskipun beberapa pekan terakhir terus diguyur hujan.

"Cuaca di Karimun ini sebenarnya non musim, cuaca tidak dipengaruhi baik musim kemarau maupun hujan. Jadi di Karimun sepanjang tahun bisa terus terjadi hujan terus maupun kemarau," jelasnya.

Ilham mengimbau agar warga Karimun dapat terus mewaspadai kondisi cuaca dengan mengikuti prakiraan cuaca dari BMKG baik melalui aplikasi maupun media sosial.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews