Lanal TBK Tanam 5.000 Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Pongkar Karimun

Lanal TBK Tanam 5.000 Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Pongkar Karimun

Lanal TBK melakukan penanaman pohon mangrove di pesisir pantai Pongkar, Karimun.

Karimun - Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), melakukan penanaman 5.000 batang pohon mangrove, Selasa (26/7/2022). Penanaman ini dilakukan secara serentak oleh jajaran TNI AL se-Indonesia dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia.

Untuk Lanal TBK, lokasi penananman pohon mangrove dilakukan di Pantai Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun.

"Sesuai dengan tema yakni, Dengan Semangat Hari Mangrove Sedunia Kita Tumbuhkan Mangrove di 77 Lokasi Jajaran TNI AL di Seluruh Indonesia," kata Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Joko Santosa, Selasa (26/7/2022) sore.

Penanaman mangrove serentak se Indonesia tersebut, diawali dengan Video Conference (Vicon) bersama Kepala Staf Angkatan Laut, lalu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten.

"Seperti yang disampaikan oleh Bapak Kasal, penanaman mangrove merupakan upaya menyikapi sering terjadinya bencana alam, tanah longsor dan bencana banjir yang hampir terjadi di seluruh negara di bumi. Maka sepatutnya intropeksi dan berbenah diri terhadap lingkungan kita laksanakan bersama," ucap Danlanal.

Danlanal juga mengatakan, rusaknya hutan pantai (Mangrove), tentu sangat besar pengaruhnya terhadap lingkungan maupun resiko terjadinya bencana.

"Hutan Mangrove memiliki fungsi yang sangat besar bagi lingkungan hidup kita, diantaranya sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang bisa mengikis daratan pantai," ucap Danlanal.

Terutama wilayah Kabupaten Karimun yang merupakan wilayah kepulauan yang dikelilingi oleh laut.

"Melalui sinergitas penanaman mangrove nasional, TNI AL bersama rakyat siap mendukung program penanggulangan bencana dan perubahan iklim global," pungkas Letkol Joko.

(aha)
Komentar Via Facebook :