Peneliti Inggris Temukan Fosil Dinosaurus Predator Terbesar di Eropa

Spinosaurus (ilustrasi).

Batam - Fosil dinosaurus predator darat terbesar di Eropa ditemukan di Isle of Wight, sebuah pulau di Inggris.

Fosil yang ditemukan para ahli paleontologi dari Universitas Southampton ini panjangnya sekitar 10 meter dan hidup 125 juta tahun yang lalu.

Tulang makhluk hidup zaman prasejarah ini memiliki dua kaki, memiliki wajah seperti buaya, dan termasuk dinosaurus spinosaurid predator.

Dikutip dari BBC, Minggu (12/6/2022), sisa-sisa dinousaurus yang ditemukan ini terdiri dari tulang panggul dan ekor, ditemukan di pantai barat daya Isle of Wight.

Karnivora ini disebut "spinosaurid batu putih", diambil dari nama lapisan geologi di mana fosil ini ditemukan.

"Ini hewan sangat besar, panjangnya 10 meter lebih dan kemungkinan memiliki berat beberapa ton," jelas Chris Barker, mahasiswa PhD yang memimpin penelitian.

"Menilai dari beberapa dimensi, ini tampaknya mewakili salah satu dari dinosaurus predator terbesar yang pernah ditemukan di Eropa, mungkin bahkan yang terbesar yang pernah diketahui."

"Karena saat ini hanya diketahui dari fragmen, kami belum memberikannya nama ilmiah resmi. Kami berharap fosil-fosil tambahan akan muncul pada waktunya," jelas salah satu penulis penelitian, Darren Naish.

Sebagian besar fosil ini ditemukan oleh pemburu dinosaurus di Isle of Wight, Nick Chase, yang meninggal sebelum pandemi Covid.

Temuan ini menyusul penelitian spinosaurid sebelumnya oleh tim peneliti Universitas Southampton, yang menerbitkan penelitian terkait penemukan dua spesies baru pada 2021.