7 Makanan yang Bikin Pria Awet Muda dan Sehat, Salah Satunya Tomat!

7 Makanan yang Bikin Pria Awet Muda dan Sehat, Salah Satunya Tomat!

Ilustrasi

Jakarta - Tak hanya wanita, pria juga pastinya ingin awet muda. Hal ini bisa dicapai dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Semakin bertambahnya umur, tubuh akan mengalami penurunan kesehatan, energi, dan kulit-kulit juga akan mulai mengendur.

Tanda-tanda penuaan ini memang terjadi secara natural. Kecuali orang itu secara genetik beruntung atau selalu menjalankan pola hidup sehat sehingga bisa jadi tanda penuaan tak terlihat.

Dengan kondisi seperti ini tentunya baik pria atau wanita ingin menjaga tubuhnya kembali agar tetap awet muda dan sehat. Menjalani pola makan sehat menjadi cara terbaik untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dan memperlambat proses sekaligus menjaga tubuh tetap sehat.

Meskipun kita tidak bisa menghindarinya, tetapi tanda penuaan bisa ditunda dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Merangkum food.ndtv.com (20/9/2019), berikut ini 7 makanan yang bikin pria awet muda dan sehat:

1. Tomat

Tomat dikenal sebagai buah yang kaya akan nutrisi. Ahli gizi, Shilpa mengungkapkan tomat menjadi makanan efektif untuk menjaga pria agar tetap awet muda dan sehat.

Tomat mengandung likopen dan fitokimia yang akan memperkuat kulit dengan menghambat aktivitas enzim kolagenase, enzim yang terlibat dalam pemecahan kolagen di kulit.

Likopen pada tomat juga akan melindungi tubuh dari racun berbahaya. Mengonsumsinya bisa dengan banyak cara, seperti dijadikan salad atau dijus.

 

2. Alpukat

Alpukat amat terkenal karena manfaat sehatnya. Alpukat menjadi sumber vitamin B dan E yang sangat baik dalam memberi nutrisi lengkap pada kulit.

Vitamin E pada alpukat akan mendukung kondisi kulit sehat. Konsumsi buah ini akan sangat membantu memperlambat proses penuaan pada pria.

3. Ginseng

Ginseng juga menjadi makanan yang bisa membantu mencegah penuaan pada pria. Ini karena ginseng memiliki sifat anti-penuaan.

Kandungan fitonutrien pada ginseng juga membantu menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh dan bagus untuk kulit.

Minum teh ginseng mampu membuat kulit lebih kencang dan mengurangi garis-garis halus dan kerutan di wajah maupun di bagian tubuh lainnya.

4. Kacang

Kacang tidak diragukan lagi manfaat sehatnya. Kacang menjadi makanan bernutrisi lengkap yang mampu menjaga tubuh agar tetap awet muda.

Makanan ini juga diperkaya dengan omega-3 yang sekaligus mampu memperlambat kerusakan tubuh dan melindungi sel.

Berbagai macam kacang mulai dari kacang mete, almond, dan kenari bisa menjadi pilihan menu camilan sehat.

 

5. Ikan atau Minyak Ikan

Ikan dikenal sebagai sumber protein tinggi. Asupannya bermanfaat untuk memperbaiki tekstur kulit serta mengurangi garis-garis halus.

Protein dalam ikan atau minyak ikan juga mampu menurunkan kadar gula darah yang menjadi salah satu penyebab utama penuaan.

6. Buah berry

Buah beri seperti stroberi, blackberry, dan blueberi memang dikenal dengan manfaatnya yang luar biasa. Berbagai macam beri ini dikenal dengan antioksidannya yang tinggi.

Antioksidan yang terdapat di buah beri termasuk flavonoid, memiliki sifat anti penuaan.

Buah beri juga mengandung vitamin C yang mampu menguatkan kolagen pada kulit. Lebih lanjut lagi, buah beri juga akan meminimalkan kerutan dan perubahan warna kulit pada wajah.

Buah ini bisa dimasukkan ke dalam menu harian. Ragam buah beri bisa dimakan sebagai camilan atau dijadikan topping pada yogurt ataupun oatmeal.

7. Teh Hijau

Salah satu minuman herbal yang bagus dikonsumsi oleh para pria agar awet muda adalah teh hijau.

Teh hijau telah lama disebut-sebut sebagai minuman herbal yang akan meningkatkan metabolisme sekaligus menjaga tubuh dari penuaan.

Ini karena teh hijau menjadi sumber senyawa polifenol katekin yang dapat bekerja secara harmonis dengan bahan kimia lain dalam tubuh untuk membuat seseorang tampak lebih muda.

Untuk mendapatkan manfaat ini, para pria bisa mengganti kopi paginya menjadi teh hijau atau minuman herbal ini juga bisa diminum pada malam hari.

(ruz)
Komentar Via Facebook :