7 Penyebab Kulit Kepala Gatal Ini Tak Boleh Diangggap Sepele

7 Penyebab Kulit Kepala Gatal Ini Tak Boleh Diangggap Sepele

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Anda mungkin pernah merasa gatal di kulit kepala. Bahkan, rasa gatal yang cukup hebat ini membuat Anda sulit berkonsentrasi dan ingin menggaruk terus menerus.

Umumnya, Anda akan mengira rasa gatal disebabkan oleh ketombe atau sampo yang bahannya tidak cocok dengan kulit kepala. Namun, penyebab kulit kepala gatal tak cuma ketombe atau sampo yang kurang pas. Rasa gatal juga bisa menandakan adanya masalah kesehatan yang dialami tubuh.

Berikut beberapa masalah kesehatan yang bisa ditandai dengan rasa gatal di kulit kepala.

1. Reaksi alergi

Dikutip dari Livestrong, rasa gatal pada kulit kepala bisa jadi penanda alergi terhadap produk perawatan rambut. Sejumlah produk rambut, termasuk sampo, kondisioner, minyak rambut atau pewarna rambut yang bersentuhan dengan kulit kepala dapat menyebabkan kemerahan, gatal, atau rasa terbakar.

2. Biduran

Penyebab kulit kepala gatal lainnya adalah biduran. Biduran juga dikenal dengan urtikaria, yang berupa benjolan bengkak berwarna merah dan putih pucat pada kulit.

Biduran dapat disebabkan oleh reaksi alergi yang dipicu beberapa hal termasuk makanan, obat-obatan, sengatan hewan, tekanan, panas, bahkan stres.

3. Kudis

Parasit kecil seperti serangga lainnya dapat menyebabkan kudis atau skabies. Kondisi ini bisa menjadi sumber gatal pada kulit kepala Anda. Kudis adalah infeksi yang disebabkan oleh tungau.

4. Masalah saraf

Saat kulit kepala terasa gatal, bisa jadi Anda memiliki masalah saraf. Masalah saraf tak selalu ditandai hanya dengan rasa nyeri. Neuropati, misalnya, juga dapat menyebabkan gatal dan sensasi terbakar di sepanjang distribusi cabang saraf.

5. Kanker kulit

Meskipun kurang umum, kanker kulit juga dapat menyebabkan gatal pada kulit kepala.

6. Psoriasis

Dikutip dari Cleveland Clinic, psoriasis juga bisa jadi penyebab kulit kepala gatal. Psoriasis merupakan penyakit autoimun kronis yang memicu munculnya bercak kemerahan, bersisik pada kulit.

7. Kutu kepala

Kutu lebih menyukai rambut yang bersih. Jadi, selalu menjaga kebersihan rambut tak menjamin Anda terhindar dari kutu rambut.

(ruz)
Komentar Via Facebook :