MK Tolak Legalisasi Ganja, Anggota DPR: Masih Ada Jalur Legislative Review

MK Tolak Legalisasi Ganja, Anggota DPR: Masih Ada Jalur Legislative Review

Ilustrasi ganja (Foto: thinkstock)

Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) menolak uji materi UU Narkotika terhadap UUD 1945 terkait penggunaan ganja medis untuk kesehatan. Merespons putusan itu, Anggota Komisi III DPR Fraksi PPP Arsul Sani berharap Bu Santi tak kecewa.

"Tak usah kecewa, sebab masih ada jalan lain menuju Roma," kata Arsul kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Baca juga: MK Tolak Legalisasi Ganja Medis untuk Kesehatan

Arsul mengatakan putusan di MK terkait UU Narkotika itu merupakan mekanisme judicial review. Sementara, lanjut Arsul, masih ada mekanisme legislative review yang berlangsung di DPR.

"Ya jalan lain itu legislatif review. Ditolak itu kan judicial review, dan judicial review itu tidak mengatakan bahwa pasal itu tidak boleh diubah," katanya.

Arsul menekankan keputusan MK hanya menyatakan inkonstitusional, bukan berarti tidak boleh diubah. Jika DPR sepakat mengubah, maka kata Arsul masih ada kesempatan.

"Kan yang ditolak itu adalah menyatakan Pasal 8 ayat 1 itu inkonstitusional, kan itu yang ditolak. Tetapi MK mengakui bahwa itu adalah open legal, di bunyi pasal 8 ayat 1. Kalau pembentuk UU sepakat memutuskan ya boleh diubah," ujar Wakil Ketua MPR itu.

Baca juga: Bupati di Aceh Siap Sediakan 200 Hektar Lahan untuk Ganja jika Dilegalkan

Arsul menyampaikan Fraksi PPP tetap ingin merelaksasi penggunaan ganja untuk kepentingan medis. Meski demikian, dia memberi catatan.

"Kalau saya, bicara sebagai Fraksi PPP memang ingin merelaksasi itu. Tetapi harus dengan aturan yang ketat dan sekali lagi, kita tidak sedang bicara legalisasi ganja untuk rekreasi atau kesenangan, tidak. Untuk medis dan dengan aturan yang ketat lagi," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews