Revitalisasi Masjid Agung Batam Centre Mulai Juli, Aktivitas Ibadah Ditutup

Revitalisasi Masjid Agung Batam Centre Mulai Juli, Aktivitas Ibadah Ditutup

Masjid Agung Batam di kawasan Batam Centre. (Foto: ist/batamnews)

Batam, Batamnews - Proses revitalisasi Masjid Agung Batam Centre, Kota Batam, Kepulauan Riau akan mulai dikerjakan pada Juli 2022. Saat ini proses revitalisasi masuk tahap lelang dan sedang evaluasi penawaran. 

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Batam, Suhar mengatakan proses lelang mengalami pengulangan. Padahal, seharusnya saat ini sudah menyelesaikan proses penawaran. 

“Jika proses evaluasi penawaran ini lancar, maka proses kontruksi sudah bisa dimulai awal Juli ini. Diperkirakan tanggal 15 Juni 2022 sudah keluar pemenangnya,” ujar Suhar, Senin (6/6/2022). 

Selanjutnya pada 21 Juni 2022 mendatang sudah menandatangani kontrak kerjasama. Selama proses revitalisasi, Dinas CTKR Kota Batam berencana akan menutup sementara waktu masjid. 

“Supaya proses kontruksinya bisa selesai dengan cepat, tetapi keputusan ini akan disepakati bersama-sama oleh pihak-pihak terkait,” katanya. 

Untuk tahap awal, proses revitalisasi akan dimulai dari pengerjaan halaman masjid dan pembangunan basement 2 lantai. Dan dilanjutkan dengan menambah bangunan masjid. 

"Halaman masjid banyak berubah. Kemudian buat basement 2 lantai kebawah. Bersamaan paralel, penambahan bangunan masjid, perubahan struktur masjid lama," jelasnya.

Anggaran revitalisasi masjid mencapai Rp 210 miliar, dengan proses penganggaran secara multiyears atau bertahap dengan perkiraaan pembangunan tiga tahun. 

Pada tahun pertama, proses revitalisasi menggunakan anggaran sebesar Rp 63 miliar, tahun kedua sebesar Rp 94 miliar dan pada tahun ketiga sebesar Rp 53 miliar. 

“Pada tahun 2024, proses revitalisasi diperkirakan selesai,” kata dia. 

Secara rinci, proses kontruksi masjid pada tahun 2022 meliputi pembongkaran plasa masjid dan akan digali untuk selanjutnya dijadikan baseman dua lantai. Pada lantai dasar akan dijadikan lokasi parkir kendaraan. 

Untuk bagian atas baseman akan diberi batu granite sehingga bisa juga dipakai sebagai ruang sholat dalam kapasitas besar.

“Jadi tahap awal yang berjenjang ini akan kita bongkar dan gali untuk dibuat baseman dua lantai,” kata Suhar.

Kemudian sayap masing-masing tiap sisi masjid akan ditambah. Ruang toilet dan tempat wudhu saat ini akan diganti untuk dijadikan ruang sholat dan ruang serbaguna dua lantai. Selanjutnya menara masjid akan ditambah, namun tidak termasuk menara utama. 

Selain itu, revitalisasi Masjid Agung Batam Center juga mencangkup bagian atap masjid. Dimana semua ornamen atap akan diganti semua. Selanjutnya koridor yang saat ini rusak dan pecah-pecah akan diganti dengan koridor yang lebih besar.

“Kita juga mengusulkan ketika pembangunan mulai dilakukan, masjid ditutup sementara, karena akan bahaya juga pada saat revitalisasi dipakai buat ibadah,” katanya.

(ret)
Komentar Via Facebook :