Pesan Jokowi Untuk Pecinta Mie Instan: Awas Harganya Naik!

Pesan Jokowi Untuk Pecinta Mie Instan: Awas Harganya Naik!

Presiden Jokowi

Jakarta - Perang Rusia-Ukraina telah menyebabkan krisis pangan yang dirasakan oleh sejumlah negara. Perang memang telah membuat produksi dan distribusi berbagai komoditas terganggu.

Salah satunya adalah komoditas gandum. Maklum, Rusia dan Ukriana adalah negara penghasil gandum terbesar dunia sekitar 30-40%. Situasi ini pun akan membuat produk hasil turunan gandum akan mengalami kenaikan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Indonesia selama ini menjadi satu dari sejumlah negara yang mengimpor gandum dari Rusia dan Ukraina. Jokowi mengatakan, kelangkaan gandum akan membuat harga melonjak.

"Kita impor gandum gede banget, ini hati-hati yang suka akan roti, makan mie. Bisa harganya naik," kata Jokowi dalam acara Puncak Hari Keluarga Nasional ke 29 di Medan, Kamis (7/7/2022).

Jokowi pada pekan lalu memang sempat berkunjung ke Ukraina dan Rusia. Jokowi bertemu langsung dengan Presiden Volodymyr Zelensky dan Presiden Vladimir Putin.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi bercerita sempat bertanya langsung kepada kedua pimpinan negara perihal stok gandum yang mereka miliki. Jokowi pun mengaku terkejut mendengar jawaban dari Zelenksy dan Putin.

"Waktu saya ke sana, saya tanya langsung Presiden Zelensky berapa stok [gandum] yang ada di Ukriana 22 juta ton. Stok enggak bisa dijual, kemudian ada panen baru ini 55 juta ton. Artinya stok sudah 77 juta ton," katanya.

"Di Rusia sendiri saya tanya ke Presiden Putin, ada berapa stok di Rusia, 130 juta ton. Bayangkan. Berapa ratus juta orang ketergantungan gandum Ukraina dan Rusia," jelasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews