Pesawat Jokowi Harus Berputar di Turki Sebelum ke Jerman, Ini Sebabnya

Pesawat Jokowi Harus Berputar di Turki Sebelum ke Jerman, Ini Sebabnya

Pesawat yang tengah membawa Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta rombongan ke Jerman sempat berputar di Turki. (flightradar24)

Jakarta - Pesawat yang membawa Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta rombongan sempat berputar di Turki sebelum tiba di Jerman. 

Pengamat penerbangan Gerry Soejatman mengungkap penyebab pesawat itu harus memutar lantaran adanya proses perizinan masuk teritori yang sempat tertunda.

Informasi itu diperoleh Gerry dari pihak Garuda Indonesia selaku pemilik pesawat yang membawa rombongan Jokowi ke Jerman.

"Pesawat ke-hold sebentar karena izin masuk teritorinya agak ke-delay," kata Gerry melalui akun Twitternya @GerryS, dilansir Suara.com, pada Senin (27/6/2022).

Pihak otoritas setempat harus melakukan pengecekan sebelum pesawat dengan kode penerbangan GIA-1 itu masuk ke wilayah negara lain. Itu juga yang menyebabkan pesawat harus berputar di Turki terlebih dahulu.

Setelah dicek dan diizinkan masuk, pesawat yang membawa Jokowi tersebut akhirnya bisa kembali melanjutkan perjalanan.

"Setelah dicek sama otoritas setempat, akhirnya bisa kembali lanjutkan perjalanannya," ucapnya.

Gerry memperlihatkan gambar dari situs resmi flightradar24 yang menunjukkan pesawat Garuda Indonesia yang memboyong Jokowi beserta rombongan itu tampak sempat berputar di Turki.

"Ok, can someone tells me what was going on here? It's carrying the #president... things like this raises questions... why the 360 turn? (Oke, bisakah seseorang memberi tahu saya apa yang terjadi di sini? Ini membawa presiden... hal seperti ini menimbulkan pertanyaan... kenapa berputar 360?)," cuit Gerry melalui akun Twitternya.

Saat dikonfirmasi, Gerry mengungkapkan ketidaklaziman ketika pesawat tengah terbang menuju tujuan sampai harus berputar seperti itu. Terlebih pesawat yang sedang dibahasnya mengangkut Jokowi dan rombongan.

Komentar Via Facebook :