Misi yang Dibawa Jokowi Bertemu Presiden Rusia dan Ukraina

Misi yang Dibawa Jokowi Bertemu Presiden Rusia dan Ukraina

Presiden Jokowi

Jakarta - Presiden Joko Widodo akan bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin usai menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman. Jokowi akan terbang lebih dulu ke Ukraina menemui Presiden Zelensky.

"Saya akan mengunjungi Ukraina, bertemu Presiden Zelensky," kata Jokowi dalam cuitannya di akun twitternya, @jokowi, dikutip di Jakarta, Minggu (26/6/2022).

Setelah bertemu dengan Zelensky, Jokowi akan terbang ke Rusia untuk menemui Presiden Vladimir Putin. "Lalu ke Rusia menemui Presiden Vladimir Putin," katanya lagi.

Pada dua pertemuan terpisah itu, Jokowi membawa satu misi yang sama. Meminta kedua negara untuk menghentikan perang yang dimulai pada akhir Februari 2022 lalu. Sebab, perang yang terjadi telah menyebabkan berbagai dampak yang dirasakan hampir di semua negara.

"Saya mengusung misi: mengajak kedua pemimpin untuk membuka dialog dan menghentikan perang," kata Jokowi.

Ganggu Momentum Pemulihan Ekonomi

Sebagaimana diketahui perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina telah mengganggu momentum pemulihan ekonomi dunia setelah pandemi mereda. Gangguan rantai pasok yang terjadi akibat pemulihan ekonomi yang tidak merata di setiap negara membuat harga-harga komoditas naik.

Kondisi tersebut kemudian diperparah dengan dampak perang Rusia dan Ukraina. Dua negara penyuplai energi utama bagi negara-negara di dunia, khususnya Eropa.

Secara khusus Rusia pun menjadi negara eksportir pupuk dunia. Tidak kurang 20 persen kebutuhan pupuk dunia berasal dari Rusia. Tak pelak kondisi tersebut membuat harga pangan dan energi melonjak.

Setelah menunaikan misinya, Jokowi akan terbang lagi ke Uni Emirat Arab (UEA). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi akan melanjutkan pembahasan terkait kerja sama Indonesia-UEA.

"Setelah itu saya ke Persatuan Emirat Arab untuk melanjutkan kembali pembahasan kerjasama ekonomi dan investasi antar kedua negara," kata dia.

(fox)
Komentar Via Facebook :