Jokowi: Tjahjo Kumolo Berpulang di Puncak Pengabdiannya kepada Negara

Jokowi: Tjahjo Kumolo Berpulang di Puncak Pengabdiannya kepada Negara

Menpan RB Tjahjo Kumolo.

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kehilangan satu menterinya dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju yakni Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

Jokowi menyebut Tjahjo wafat pada masa puncak pengabdiannya kepada negara. Hal tersebut disampaikan Jokowi melalui Instagram pribadinya.

Jokowi sendiri kini masih berada di Uni Emirat Arab (UEA) untuk menjalankan tugas kenegaraannya.

"Saya tengah berada dalam lawatan di luar negeri ketika mendengar kabar duka dari Tanah Air bahwa bapak Tjahjo Kumolo telah berpulang ke Rahmatullah di Jakarta pada hari Jumat pukul 11.10 WIB. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun," kata Jokowi melalui Instagram @jokowi pada Jumat (1/7/2022).

"Semasa hidupnya, almarhum Tjahjo Kumolo adalah seorang tokoh pemuda, politisi, dan berpulang di puncak pengabdiannya kepada negara sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," sambungnya.

Jokowi kemudian menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Tjahjo. Ia mendoakan yang terbaik bagi mantan menteri dalam negeri (mendagri) tersebut, termasuk untuk keluarga yang ditinggalkan.

"Atas nama pemerintah, negara, dan rakyat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya. Semoga segala amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT dan segenap keluarga yang ditinggalkan kiranya kuat dan tabah."

Tjahjo merupakan salah satu menteri dari jajaran kabinet yang dipimpin oleh Jokowi. Pada Kabinet Indonesia Kerja, Tjahjo menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri periode 2014-2019.

Lalu, Tjahjo sempat menjadi Plt Menkumham pada 2019. Terakhir, ia menjabat sebagai MenPAN RB sejak 2019 menggantikan Syafruddin.

Tjahjo Kumolo wafat di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta sekitar pukul 11.00 WIB. Tjahjo tutup usia setelah berjuang melawan infeksi paru-paru.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews