SLB YPBB Diresmikan, Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di Karimun Makin Terbuka

SLB YPBB Diresmikan, Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di Karimun Makin Terbuka

Persemian SLB YPBB oleh Danlanal Karimun, Letkol Laut Joko Santosa. (Foto: Edo/batamews)

Karimun, Batamnews - Akses pendidikan bagi anak dengan kebutuhan khusus di Kecamatan Belat, Karimun, Kepulauan Riau kini semakin terbuka.

Sebuah Sekolah Luar Biasa (SLB) yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Budi Bhakti (YPBB) telah berdiri di kecamatan tersebut.

SLB itu dibangun di atas sebidang tanah milik warga setempat, yaitu keluarga dari Almarhum Ibrahim bin Endut. Lahan itu dipinjamkan untuk pembangunan sekolah.

Peresmian SLB YPBB dilakukan langsung oleh Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Joko Santosa, pada Kamis (30/6/2022) sore kemarin.

Sekolah Luar Biasa itu, akan memberikan pendidikan yang juga khusus, mulai dari perilaku fisik, mental dan emosi anak.

"Anak dengan kebutuhan khusus juga harus mendapat hak dan pendidikan yang sama dengan anak normal," kata Joko.

Ia juga mengucapkan terimakasih pada keluarga Almarhum Ibrahim bin Endut yang telah meminjamkan lokasi tanah untuk pembanguna SLB.

"Semoga dengan adanya sekolah SLB ini dapat membantu masyarakat Desa Sebele yang memiliki putra-putri dengan kebutuhan khusus," ucap Joko.

Dengan telah berdirinya SLB itu patut disyukuri, bagi orang tua yang mendapatkan ujian karena anaknya tergolong disabilitas atau berkebutuhan khusus dapat ditangani dengan baik.

Kondisi tersebut, tentunya anak berkebutuhan khusus sangat membutuhkan kasih sayang dan perhatian yang lebih spesifik, di antaranya dengan memberikan motivasi, perhatian dan bimbingan, adaptasi dengan anak, meningkatkan kedekatan emosional dengan anak serta pilihkan sekolah yang tepat.

Penyandang disabilitas, juga harus memiliki hak yang sama dalam berbagai hal, tak terkecuali hak mendapatkan pendidikan yang sama. 

Sehingga lewat pendidikan, harkat dan martabat penyandang disabilitas bisa terangkat, selain mendapatkan ilmu juga pencapaian prestasi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews