Akhir Juni 2022, Jokowi ke Rusia-Ukraina Temui Putin dan Zelensky

Akhir Juni 2022, Jokowi ke Rusia-Ukraina Temui Putin dan Zelensky

Presiden Joko Widodo. [Foto: Liputan6.com]

Jakarta - Presiden Joko Widodo direncanakan akan melakukan kunjungan kerja ke Ukraina dan Rusia pada akhir Juni 2022.

Jokowi dijadwalkan bertemu dengan pemimpin kedua negara yaitu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, Rusia.

"Dalam kunjungan Kiev (Ukraina) dan Moskow (Rusia) tentunya presiden akan melakukan pertemuan dengan Presiden Zelenksiy dan Presiden Putin," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam jumpa pers secara virtual, Rabu (22/6/2022).

Retno menuturkan kunjungan Jokowi tersebut bagian dari rangkaian kunjungan ke beberapa negara pada akhir Juni 2022. Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia dilakukan dalam situasi yang tidak normal.

"Kita paham situasi saat ini masih sangat-sangat complicated, dunia juga paham mengenai kompleksitas masalah yang ada," ucap dia.

Meskipun situasinya sulit dan masalahnya kompleks, sebagai Presiden G20 dan salah satu anggota Champion Group dari Global Crisis Response Group yang dibentuk Sekjen PBB, Jokowi mencoba berkontribusi, tidak memilih untuk diam.

"Presiden Jokowi merupakan pemimpin Asia pertama yang akan melakukan kunjungan ke dua negara tersebut," ujar Retno.

Selain itu, Retno menyebut kunjungan Jokowi tersebut menunjukkan kepedulian terhadap isu kemanusiaan. Mencoba berkontribusi untuk menangani krisis pangan yang diakibatkan karena perang yang dampaknya dirasakan oleh semua negara, terutama negara berkembang dan berpendapatan rendah.

"Dan terus mendorong spirit perdamaian," ucapnya.

Sebelum melakukan kunjungan ke Kiev dan Moskow, Jokowi akan menghadiri konferensi tingkat tinggi atau KTT G7 di Elmau, Jerman. "Presiden akan melakukan pertemuan bilateral pada saat kesempatan KTT G7 dengan para Leaders G7 dan Leaders negara undangan," tutur Retno.

Usai dari Ukraina dan Rusia, Jokowi juga dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Kunjungan itu untuk menindaklanjuti kerja sama di bidang ekonomi kedua negara.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews