Festival Budaya Tionghoa di Tanjungpinang Angkat Tema Akulturasi

Festival Budaya Tionghoa di Tanjungpinang Angkat Tema Akulturasi

Konferensi pers Festival Budaya Tionghoa di Tanjungpinang. (Foto: elf/batamnews)

Tanjungpinang, Batamnews - Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) bersama Ikatan Tionghoa Muda (ITM) menggelar Festival Budaya Tionghoa tahun 2022 itu bertemakan akulturasi dengan budaya lokal.

Dalam festival akan menampilkan kesenian, kuliner ataupun bentuk kebudayaan lainnya. Kemudian juga ada lomba fashion show dan lomba mewarnai.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pemasaran Dinas Pariwisata Kepri, Afitri Susanti mengatakan festival perdana tersebut akan digelar di Tanjungpinang City Center (TCC) Mall selama dua hari, yaitu Sabtu (25/6/2022) dan Minggu (26/6/2022).

"Tujuannya juga untuk memperkenalkan serta mempertahankan tradisi yang ada di Kepri. Banyak pesan serta manfaat yang terkandung di dalam­nya," kata Fitri.

Fitri berharap, festival budaya dapat menarik pengunjung lokal dan luar negeri. 

"Kita berharap kegiatan ini dapat menarik minat masyarakat dan wisman. Terutama Malaysia dan Singapura,” ujar Fitri.

Sementara Ketua ITM, Ediyanto mengatakan masyarakat yang ingin berpartisipasi mengikuti perlombaan juga dapat mendaftar hingga hari H.

"Kita akan buka pendaftaran sampai hari H,” kata Ediyanto. 

Direktur Cupid EO, Tatiyana Manvia menambahkan untuk lomba mewarnai dapat diikuto oleh anak kategori TK atau playgroup. Sedangkan fashion show pesertanya berpasangan, ibu dan anak.

"Yang akan dilaksanakan hari Sabtu dan lomba fashion show hari Minggu," tambah Tatiyana. 

(CR1)