Viral Gadis 18 Tahun Kena Radang Paru, Sering Main Sama yang Suka Ngevape

Viral Gadis 18 Tahun Kena Radang Paru, Sering Main Sama yang Suka Ngevape

Gadis Cirebon mengidap radang paru viral, sering kena paparan asap vape dan rokok. (Foto: Tangkapan layar: SS Viral)

Jakarta - Viral wanita Cirebon mengidap radang paru usai terbiasa terkena paparan rokok dan vape. Adalah Juliana Permatasari, gadis 18 tahun yang sempat mengira gejala sesak napas muncul karena kelelahan terlalu banyak beraktivitas.

Akibatnya, ia dilarikan ke rumah sakit hingga menjalani rawat inap selama seminggu. Dilanjutkan kontrol rutin ke RS dengan rawat jalan enam bulan.

"Please jangan suka kena angin malam, sama terlalu lama di sekitar lingkungan yang banyak orang ngeroko/ngevape," kata dia dalam akun TikToknya,

"Aku jadi sakit radang paru-paru yang disebabkan infeksi bakteri. Tapi, karena sering berada di lingkungan yang merokok dan keluar malem, sama pola hidup nggak sehat. Jadi aku ngejalanin rawat jalan selama 6 bulan ya," sambungnya.

Julia berpesan, agar siapapun segera memeriksakan diri ke dokter saat pertama kali mengeluhkan sesak napas sebelum perkembangan gejala semakin parah dan sulit diobati. Lebih dari 300 ribu orang menyukai cerita Julia, tidak sedikit dari mereka yang mengeluhkan hal serupa.

"Benar banget aku juga kena radang paru, akhirnya periksa ke dokter dan membutuhkan pengobatan jangka panjang," komentar salah satu netizen.

Dilansir dari detikcom, Julia bercerita gejala sesak sudah mulai dirasakan awal tahun ini.

"Januari 2022 itu aku suka sesak napas setiap mau tidur, aku kira mungkin kecapean, karena punya riwayat typhus juga jadi kalau kecapekan banget, badan aku langsung demam, sama telapak tangan terasa kebakar gitu," cerita Julia, Kamis (23/6/2022).

Di sisi lain, Julia mengaku memiliki penyakit maag yang sempat membuatnya berpikir menjadi pemicu sesak napas. Terlebih, pola makan Julia tidak teratur.

"Kadang bisa sehari cuman makan satu kali, tapi aku sering makan junkfood gitu," sambungnya.

Keluhan sesak napas tak kunjung membaik dan selalu muncul di malam hari saat ingin tidur, Julia akhirnya dibawa sang ibu untuk memeriksakan diri ke RS. Sang dokter kala itu mendiagnosis infeksi radang paru, dengan menunjukkan titik-titik hitam dalam hasil rontgen bagian paru-paru.

"Dan ini aku nggak pernah ngerokok atau ngevape, cuma ya memang aku sering main sama teman-teman yang ngevape sih," kata dia.

(fox)