Ketahui Dampak Buruk Bagi Kesehatan Main Ponsel Sebelum Tidur

Ketahui Dampak Buruk Bagi Kesehatan Main Ponsel Sebelum Tidur

Ilustrasi. (Foto: via Liputan6.com)

Jakarta - Banyak orang kebiasaan menggunakan ponsel sebelum tidur untuk melihat sosial media atau lainnya. Anda mungkin mengira kebiasaan ini tidak akan berdampak buruk pada kesehatan.

Padahal, kebiasaan bermain ponsel tepat sebelum tidur tidak hanya mengakibatkan Anda susah tidur nyenyak, tetapi juga masalah kesehatan lainnya.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa dampak buruk pakai ponsel tepat sebelum tidur.

1. Menyebabkan sakit mata

Penggunaan ponsel sebelum tidur uga bisa menyebabkan mata lelah, sehingga mengakibatkan penglihatan mendadak kabur. Anda bisa mencoba menurunkan kecerahan laar dan hindari penggunaan ponsel terlalu lama untuk melindungi kesehatan mata.

2. Mengganggu tidur

Kebiasaan menggunakan ponsel tepat sebelum tidur justru akan mengganggu tidur Anda. Paparan cahaya biru dari ponsel tidak hanya memengaruhi penglihatan Anda, tetapi juga mengganggu siklus tidur-bangun Anda yang bisa mengakibatkan banyak komplikasi kesehatan.

3. Menyebabkan nyeri leher

Penggunaan ponsel tepat sebelum tidur juga bisa menyebabkan nyeri di leher yang mengganggu. Saat Anda sedikit mengarahkan kepala ke depan untuk menatap layar ponsel, otot-otot di leher akan tegang dan menyebabkan rasa sakit.

4. Menyebabkan penuaan yang lebih cepat

Penggunaan ponsel tepat sebelum tidur bisa menyebabkan penuaan lebih cepat. Karena, paparan ponsel sebelum tidur bisa menyebabkan terbentuknya garis dan lipatan di leher sebagai tanda penuaan yang lebih cepat.


Berita Terkait