Malaysia Perketat Jalur Imigran Gelap Jelang Idul Adha, Jangan Coba-coba!

Malaysia Perketat Jalur Imigran Gelap Jelang Idul Adha, Jangan Coba-coba!

Ilustrasi.

Johor - Badan Penegakan Hukum Maritim Malaysia (APMM) akan memperketat pemeriksaan di beberapa jalur laut guna menertibkan masuknya imigran gelap saat hari raya Iduladha.

Dirjen MMEA, Datuk Zubil Md Som mengatakan, ada kemungkinan imigran gelap menyusup melalui jalur tikus.

Menurut dia, berdasarkan catatan tahun sebelumnya, ketika musim perayaan, khususnya Iduladha tiba, pasti akan ada imigran gelap yang berusaha keluar negeri.

“Kalau ada yang coba keluar pasti ada yang coba masuk karena seperti konsep bus yang harus antar penumpang bolak-balik. Sindikat itu akan memikirkan untung, jadi mereka tidak akan membawa perahu kosong untuk membawa pulang imigran gelap," katanya kepada Harian Metro, Jumat (24/6/2022).

Zubil mengatakan, terkait hal itu, APMM akan memblokir jalur masuk khususnya di Johor, Melaka, Negeri Sembilan hingga Perak karena itu jalur terdekat untuk pulang ke negara asalnya.

“Kami tidak menutup kemungkinan sindikat ini akan meminta perahu lokal untuk membawa imigran gelap ke tengah laut sebelum melakukan pertukaran di sana."

"Semua ini akan kita pantau untuk mencegah penyelundupan. Jika kita bisa memblokir masuknya kapal-kapal yang membawa imigran gelap, mereka yang ingin kembali juga akan terjebak," katanya.

Dia mengatakan, pemantauan tidak hanya di laut tetapi juga instansi lain seperti tentara dan Polisi Kerajaan Malaysia (PDRM) di sepanjang pantai.

“Kami juga memiliki personel intelijen yang memantau di lapangan. Anggota akan menyalurkan informasi jika ada upaya mendatangkan imigran gelap atau menyelundupkan imigran gelap baru.

“Dari segi upah, tentunya mendatangkan lebih mahal dari pada memulangkan para imigran gelap tersebut,” ujarnya.

(dod)