Malaysia Cabut Sebagian Larangan Ekspor Ayam ke Singapura

Malaysia Cabut Sebagian Larangan Ekspor Ayam ke Singapura

Ilustrasi. (Foto: ist)

Singapura - Importir ayam di Singapura kini bisa bernapas lega setelah Malaysia mencabut sebagian larangan ekspor. Kebijakan itu berlaku mulai Selasa (14/6/2022).

Dilansir Utusan Malaysia, importir ayam di Singapura diperbolehkan kembali mengimpor ayam kampung dan ayam hitam dari Malaysia.

Dalam surat dari Departemen Pelayanan Kedokteran Hewan, pihak berwenang menyatakan ekspor ayam segar dan ayam hitam akan diizinkan, menyusul keputusan Kabinet pada 8 Juni.

Surat tersebut menyatakan bahwa ekspor produk ayam seperti nugget atau sosis akan diizinkan untuk beroperasi kembali.

Namun, larangan ayam bakar, yang mencakup sejumlah besar ayam yang diimpor Singapura dari Malaysia, tetap berlaku.

Malaysia telah memberlakukan larangan ekspor ayam sejak 1 Juni, untuk memastikan ada pasokan yang cukup untuk pasar domestik.

Singapura mengimpor sekitar 34 persen ayam dari Malaysia, dengan hampir semuanya dibawa sebagai ayam segar yang kemudian disembelih dan dibekukan di sini.

Beberapa hari setelah larangan itu berlaku, permintaan ayam di Singapura begitu tinggi sehingga mendorong kenaikan harga.

Beberapa warung nasi ayam terpaksa tutup sementara.

Sementara itu, Sekretaris Asosiasi Pedagang Unggas Singapura dan Chief Executive Officer Hup Heng Poultry Industries membenarkan bahwa perusahaannya telah kembali mengimpor ayam kampung dan ayam hitam kemarin.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews