Ganjar-Prabowo-Anies Dikhawatirkan Tak Bisa Nyapres 2024

Ganjar-Prabowo-Anies Dikhawatirkan Tak Bisa Nyapres 2024

Ganjar, Prabowo dan Anies

Jakarta - Tiga nama ini selalu memuncaki survei-survei pencapresan: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Namun mereka dikhawatirkan tidak bisa maju ke Pilpres 2024!

Analisis ini disampaikan oleh pendiri Cyrus Network, Hasan Nasbi, lewat kanal YouTubenya.

"Saya khawatir mereka bertiga tidak bisa maju pilpres karena tidak punya tiket," kata Hasan dalam videonya yang berjudul 'Bagaimana Jika Elektabilitas Tinggi tapi Tak Bisa Nyapres?'

Hasan mengamati tiga nama tersebut sudah berada di puncak survei soal capres sejak 2019 setelah pemilu. Hingga sekarang, hasil survei belum banyak berubah. Pendukung masing-masing nama juga makin fanatik dan ribut serta saling menjatuhkan.

Namun masalahnya adalah Ganjar, Prabowo dan Anies belum mendapat kepastian untuk maju capres. Ketiganya juga tidak berusaha menggaet dukungan dari parpol supaya bisa maju Pilpres 2024 dengan memenuhi ambang batas pencapresan, yakni 20 persen dari jumlah kursi DPR atau 25 persen suara sah pemilu.

"Sampai hari ini kita tidak melihat ada pergerakan politik yang signifikan yang dilakukan oleh ketiganya untuk mendapatkan partai pengusung," kata Hasan.

Oleh Partai NasDem dan PKS, Anies sering disebut-sebut dalam pembahasan wacana pencapresan. Namun itu baru sebatas wacana dan belum konkret. Ganjar, yang berasal dari PDIP, juga belum pasti akan diusung sebagai capres partainya, malah sebaliknya, Ganjar menuai penolakan dari elite partainya. Prabowo, yang notabene Ketua Umum Partai Gerindra, juga belum aman.

"Bahkan Pak Prabowo, meskipun dia sudah punya setengah sobekan tiket, Gerindra kan punya partai miliknya Pak Prabowo. Dia sudah punya setengah sobekan tiket, tapi harus dicari setengah sobekan lagi. Kita tidak melihat ada pergerakan signifikan juga dari Pak Prabowo," kata Hasan.

(fox)

Berita Terkait