Menteri-Menteri dari NasDem Tolak Bicara Reshuffle Kabinet

Menteri-Menteri dari NasDem Tolak Bicara Reshuffle Kabinet

Rapat kabinet. (ilustrasi)

Jakarta - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) enggan menanggapi kabar dirinya akan direshuffle dari Kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat. 

Dia mengatakan kini fokus menjalankan tugas sebagai Menteri Pertanian. "Aku kerja saja," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (14/6/2022).

Baca juga: Nama Besar Diprediksi Terguling dari Kabinet Jokowi

Syahrul Yasin Limpo mengatakan sejak awal, dirinya bekerja keras sesuai tugas yang diberikan Presiden Joko Widodo.

"Aku ini mulai dari bawah kerjanya, kerja saja. Semampu-mampu dan sekuat-kuatnya," ujarnya.

Mengenai kabar dipanggil khusus Kepala Negara, Syahrul Yasin Limpo tak menanggapi. Dia kembali menegaskan tak tahu soal kabar reshuffle. “Aku enggak tahu tuh. Aku kerja saja,” ujarnya.

Selain Syahrul, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar juga menolak berbicara perombakan kabinet atau Sebab, dia mengaku tidak berhak untuk menanggapi isu tersebut. "Kalau nanya reshuffle jangan sama aku," kata Siti.

Dia juga menepis kabar larangan kepada para menteri untuk bepergian baik ke luar kota maupun luar negeri yang disebut-sebut merupakan titah dari Presiden Joko Widodo menjelang reshuffle. "Enggak. Jangan aku yang ditanya," ucapnya.

Baca juga: Bocoran Nama Baru Seputar Reshuffle Kabinet

Menkominfo Johnny G Plate menyampaikan reshuffle kabinet menjadi hak prerogatif presiden. Perombakan kabinet kabarnya akan dilakukan pada 15 Juni 2022.

Menurut Johnny, tantangan pemerintah saat ini tidak hanya soal Covid-19, namun juga perubahan geostrategis dunia yang berdampak dengan skala internasional, termasuk Indonesia secara domestik.

Baik terkait dengan pangan, energi, bahkan finansial dan ekonomi, sehingga evaluasi dilakukan oleh Presiden Jokowi.

Adapun terkait instruksi menteri sementara tidak melakukan perjalanan ke luar negeri lebih kepada urusan penanganan Covid-19.

(fox)