Banjir Rob Ancam Warga Pesisir di 3 Kecamatan Bintan, BPBD: Waspada!

Banjir Rob Ancam Warga Pesisir di 3 Kecamatan Bintan, BPBD: Waspada!

Banjir rob melanda kawasan Tanjunguban, Bintan, beberapa waktu lalu. (Foto: Batamnews)

Bintan, Batamnews - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tanjungpinang mengeluarkan peringatan dini datangnya banjir rob di wilayah pesisir Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. 

Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Vivi, mengatakan banjir rob terjadi dikarenakan naiknya permukaan air laut dan curah hujan yang tinggi. Akibatnya debit air laut meningkat yang menyebabkan terjadinya banjir rob.

"Naiknya permukaan air laut itu terjadi pada 11-19 Juni. Itu berpotensi terjadinya banjir rob apalagi saat ini juga musim hujan," ujar Vivi.

Wilayah yang rawan terjadinya banjir rob di Kabupaten Bintan adalah wilayah pesisir. Fenomena alam ini pastinya akan berdampak pada transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir.

"Kita himbau ke seluruh warga untuk selalu waspada datangnya banjir rob ini," katanya.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bintan, Ramlah, mengatakan  BMKG memprediksi fenomena banjir rob akan melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Bintan. Meliputi Pesisir Kecamatan Bintan Utara, Teluk Sebong, Bintan Timur dan sekitarnya,

"Kami mengimbau agar masyarakat yang berada di pesisir Bintan untuk mewaspadai potensi banjir rob tersebut," sebutnya.

Dikatakannya juga bahwa berkaca pada pengalaman yang sudah-sudah maka ketinggian banjir rob yang pernah terjadi di Pulau Bintan berkisar antara 1 atau 2 meter dari ketinggian normal permukaan laut.

Maka tentu saat ini BPBD Bintan menghimbau agar masyarakat dapat waspada serta mempersiapkan segala sesuatunya apabila banjir rob terjadi secara meluas dan mengganggu aktivitas masyarakat.

"Potensi aktivitas pasang air laut dan curah hujan yang tinggi ini dapat menyebabkan banjir rob tersebut sehingga masyarakat dapat mempersiapkan sedini mungkin segala sesuatunya," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews