Hindari 4 Cara Ini untuk Turunkan Berat Badan

Hindari 4 Cara Ini untuk Turunkan Berat Badan

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Tak semua cara menurunkan berat badan aman untuk dilakukan. Beberapa di antaranya justru bisa memberikan dampak buruk. Ada banyak cara menurunkan berat badan. Pada dasarnya, Anda bisa memilih salah satu yang paling cocok.

Namun, Anda perlu berhati-hati. Alih-alih menurunkan berat badan dengan sehat, beberapa cara justru bisa mengganggu kenyamanan tubuh.

Berikut beberapa cara menurunkan berat badan yang harus dihindari, melansir Eat This Not That.

1. Tidak makan

Memang, melewatkan waktu makan membuat Anda berpotensi mengonsumsi lebih sedikit kalori yang bisa membantu menurunkan berat badan. Hanya saja, cara ini biasanya tidak bisa bertahan dalam jangka waktu panjang.

Ahli diet Amy Goodson mengatakan, metabolisme merupakan proses yang tak boleh dilewatkan tubuh. Dengan melewatkan waktu makan, proses metabolisme tidak akan berjalan dengan baik.

"Anda harus memulainya dengan sarapan, lalu tetap membakarnya dengan makan sedikit dan sering setiap beberapa jam," ujar Goodson.

Ia mengatakan bahwa makan lebih sering dalam porsi kecil akan membantu mengatasi rasa lapar, yang pada akhirnya membantu mengontrol asupan kalori tubuh.

2. Hanya minum jus detoks

Kini, beragam pilihan jus detoks tersedia dan menarik perhatian masyarakat. Namun, para ahli setuju bahwa jus detoks bisa berdampak buruk untuk jangka panjang.

"Detoksifikasi hanyalah taktik pemasaran yang membuat Anda membeli produk dan mengikuti tren," ujar Goodson.

Ia mengatakan bahwa Anda tak perlu membersihkan tubuh Anda, karena hati dan ginjal telah menjalankan fungsinya untuk membuang racun sepanjang hari.

Saat orang melakukan detoksifikasi dan menghilangkan sebagian besar makanan, lanjut Goodson, maka mereka juga akan kehilangan nutrisi. Kondisi ini akan membuat Anda kekurangan energi hingga kadar gula darah yang menurun.

"Makan sangat penting untuk gula darah dan tingkat energi yang stabil. Jadi, tak usah tergoda oleh produk detoksifikasi dan cukup fokus pada jumlah makanan kaya nutrisi yang tepat," ujar Goodson.

 

3. Minum obat penurun berat badan

Beberapa orang mungkin mendapatkan manfaat dari obat penurun berat badan, tergantung pada apa yang direkomendasikan dokter.

Namun, Goodson mengingatkan bahwa penggunaan obat atau prosedur medis tertentu tidak memberikan hasil jangka panjang.

"Ini (meminum obat) juga bisa jadi berbahaya dari waktu ke waktu karena orang akan bergantung pada pengobatan dan tidak fokus untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan diet seimbang," ujar Goodson.

4. Puasa terlalu lama

Banyak orang beralih ke puasa intermiten untuk menurunkan berat badan. Padahal, hal tersebut bisa berbahaya jika dilakukan dengan cara yang salah.

Puasa terlalu lama jadi salah satu cara menurunkan berat badan yang berbahaya.

Alih-alih salah dan berujung pada timbulnya dampak buruk, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Metode puasa pada dasarnya bekerja dengan baik karena mengandalkan konsep defisit kalori untuk menurunkan berat badan. Hanya saja, puasa terlalu lama membuat Anda tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews