Kasus Cacar Monyet Makin Berlipatganda, Inggris Terbanyak

Kasus Cacar Monyet Makin Berlipatganda, Inggris Terbanyak

Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia)

Jenewa - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengkonfirmasi peningkatan kasus cacar monyet. Total 780 kasus telah dikonfirmasi di negara-negara yang tidak endemik virus.

Jumlah ini meningkat tiga kali lipat dari 257 kasus yang dilaporkan pekan lalu, membuat laporan WHO menggambarkan penilaian moderat sebelumnya terhadap kasus tidak akurat.

Infeksi ini biasanya ringan, tetapi ini adalah pertama kalinya menyebar ke luar benua Afrika dan menurut WHO, total 27 negara yang tidak endemik cacar telah mencatat kasus infeksi.

Sebagian besar terdeteksi di Eropa dan Amerika Utara, sementara sejumlah kecil di Meksiko, Argentina, Maroko, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Wilayah Inggris Raya (UK) mencatat jumlah kasus tertinggi dengan 207, diikuti oleh Spanyol dengan 156 dan Portugal dengan 138.

Dalam laporan terbaru, WHO menginformasikan bahwa beberapa kasus yang dikonfirmasi tidak memiliki kontak dekat dengan kasus positif.

Meskipun risiko terhadap kesehatan umum tetap rendah, hal itu dapat meningkat jika kasusnya menyebar luas di negara-negara non-endemik.

Saat ini kebanyakan kasus tidak menunjukkan gejala klinis cacar, bahkan beberapa kasus sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

Gejala umum adalah demam, sakit kepala, bengkak, nyeri otot dan ruam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews