Roche Mulai Kembangkan Alat Deteksi Cacar Monyet

Roche Mulai Kembangkan Alat Deteksi Cacar Monyet

Ilustrasi. (Foto: via CNN Indonesia)

Jenewa - Perusahaan kesehatan multinasional Swiss, Roche, sedang mengembangkan tiga alat tes untuk mendeteksi virus cacar monyet.

Dalam sebuah pernyataan, dikutip Bernama dari Xinhua, Roche memberi tahu perusahaan dan anak perusahaannya, TIB Molbiol mengembangkan tiga kit uji Virus Modular LightMix.

Kit Virus Modular LightMix pertama mampu mendeteksi virus orthopox, termasuk semua virus cacar dari kedua virus di Afrika barat dan Afrika tengah.

Sedangkan kit kedua khusus untuk mendeteksi virus cacar monyet saja.

Kit ketiga dikatakan mampu mendeteksi virus orthopox sekaligus memberikan informasi apakah virus cacar monyet ada atau tidak secara bersamaan.

Cacar monyet, pertama kali terdeteksi pada monyet laboratorium pada tahun 1958, dan diperkirakan menular dari hewan liar seperti tikus ke manusia, atau dari manusia ke manusia.

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa hingga Senin lalu, total 19 negara melaporkan 131 kasus cacar yang dikonfirmasi, sementara 106 kasus diduga, hampir tiga perempat di antaranya berasal dari Spanyol, Portugal dan Inggris. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews