Kesalahan Fatal van Gaal di MU Dulu, Wajib Diingat ten Hag

Kesalahan Fatal van Gaal di MU Dulu, Wajib Diingat ten Hag

Erik ten Hag mulai menjalani hari-hari sebagai manajer baru MU. Foto: Manchester United via Getty Imag/Ash Donelon

Jakarta - Erik ten Hag, manajer baru Manchester United, diingatkan agar tidak mengulangi kesalahan Louis van Gaal, juru taktik asal Belanda yang dulu juga melatih MU.

 

Louis van Gaal datang ke Man United selepas era David Moyes. Meneer Belanda itu dikonfirmasikan jadi manajer Setan Merah pada Mei 2014, selepas polesan impresif di timnas negaranya lewat finis ketiga di Piala Dunia 2014.

Sosok van Gaal mendatangkan energi positif dan optimisme tersendiri, berkat rekam jejaknya sebagai pelatih papan atas. Tapi era van Gaal di MU berakhir dengan pemecatan pada 25 Mei 2016, dua hari usai juara Piala FA.

Keberhasilan Van Gaal mempersembahkan piala buat the Red Devils dianggap tidak cukup. Ia tetap dianggap gagal.

Kesalahan van Gaal di MU yang Wajib Jadi Pelajaran ten Hag

Menurut Marcel van der Kraans, jurnalis sepakbola asal Belanda, Louis van Gaal melakukan satu kesalahan saat menjadi manajer Man United. Ia pun mengingatkan agar ten Hag bisa belajar dari kesalahan kompatriot pendahulunya tersebut.

"Menurutku ten Hag harus beradaptasi," kata van der Kraans di talkSport.

"Itu adalah keberatan utamaku saat ada pelatih asal Belanda datang ke Inggris; kalian tak akan pernah tahu Premier League seperti apa sampai benar-benar berkecimpung di dalamnya. Menurutku, semua manajer kontinental yang tak pernah main di Inggris bakal gagap kultur setibanya di sana."

"Hal itu pula yang menjadi masalah Louis van Gaal. Ia seorang pelatih hebat, ia punya banyak kebiasaan lucu, dan ia punya cara komunikasi yang amat Belanda sehingga amat blak-blakan ke media. Ia pelatih top, tapi bukan sosok tepat buat Manchester United. Keinginannya 'terlalu Belanda' dan kelewat ngotot melakukannya, tapi tidak bisa seperti itu."

"Aku berharap Erik ten Hag sudah belajar dari hal tersebut, apalagi ia juga bisa menganalisisnya sendiri, dan itu bisa membuat masa-masa adaptasinya jadi lebih mudah," tuturnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews