Karimun Panas Terik, Suhu Udara Capai 33 Derajat Celsius

Karimun Panas Terik, Suhu Udara Capai 33 Derajat Celsius

Cuaca panas di salah satu sudut Karimun, Kepulauan Riau.

Karimun, Batamnews - Suhu udara di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, terasa lebih panas dari biasanya. Kondisi itu sudah terjadi dalam beberapa waktu belakangan, dengan suhu berkisar 33.7 °C.

Dari keterangan BMKG Raja Haji Abdullah Karimun, suhu panas yang terjadi saat ini disebabkan oleh beberapa faktor.

Diantaranya adalah karena posisi semu matahari saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator, yang mengindikasikan bahwa sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau.

Dimana, tingkat pertumbuhan awan dan fenomena hujannya akan sangat berkurang, sehingga cuaca cerah pada pagi menjelang siang hari akan cukup mendominasi.

"Untuk Kepulauan Riau sendiri khususnya Karimun, posisinya berada di wilayah utara dan berdekatan dengan garis ekuator, sehingga pengaruh dari posisi semu matahari tersebut yang mengakibatkan dominasi cuaca cerah dan tingkat perawanan yang rendah juga di rasakan di Karimun," kata Observer BMKG Raja Haji Abdulah Karimun, Younggy H.M Hutabarat, Jumat (13/5/2022).

Dominasi cuaca yang cerah dan tingkat perawanan yang rendah tersebut, dapat mengoptimumkan penerimaan sinar matahari di permukaan bumi.

Untuk suhu maksimum di Karimun, sesuai pengamatan yang dilakukan oleh BMKG Karimun pada tanggal 1-13 Mei 2022 adalah berkisar antara 30,5 °C- 33.7 °C

"Sehingga menyebabkan kondisi suhu yang dirasakan oleh masyarakat menjadi cukup terik pada siang hari," kata Younggy.
 

(aha)