Arus Balik Lebaran: Pelabuhan Selatpanjang Penuh Sesak Penumpang

Arus Balik Lebaran: Pelabuhan Selatpanjang Penuh Sesak Penumpang

Penumpang mengantre di dermaga keberangkatan Pelabuhan Tanjung Harapan, Kota Selatpanjang pada H+3 Lebaran. (Foto: Juna/batamnews)

Meranti, Batamnews - Arus balik Lebaran di Pelabuhan Tanjung Harapan, Kota Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, mulai terasa pada H+3 Idulfitri 2022. 

Pelabuhan domestik yang menghubungkan Meranti ke berbagai daerah tersebut penuh  sesakpenumpang, Rabu (4/5/2022).

Dari pantauan Batamnews, ada lebih dari seribu penumpang pengguna fasilitas kapal laut kembali ke sejumlah daerah di Riau maupun Kepulauan Riau (Kepri).

Balita hingga lansia terlihat ikut dalam antrean arus balik ini. Lebih kurang satu jam kepadatan penumpang masih terjadi.

Salah seorang pengguna jasa transportasi via laut dari Selatpanjang menuju Batam, Rinaldi mengatakan, sejak sejam lalu ia terpaksa ikut antrean karena pelayanan kurang memadai.

Selain itu, ruang pelabuhan yang tak begitu besar juga jadi pemicu timbulnya kepadatan penumpang yang sulit terbatasi.

"Penanganannya buruk, fasilitas yang disediakan buruk. Susah Meranti mau maju kalau seperti ini," kata Rinaldi, Rabu siang.

Katanya, sejak dari pintu masuk pelabuhan sudah terjadi antrean. Petugas dari TNI/Polri sampai Syahbandar pun nampak kewalahan menangani hal tersebut.

Rinaldi menyayangkan hal itu terjadi. Menurut dia, harusnya para petugas sudah menyiapkan rancangan atau strategi dalam menyiasati kepadatan penumpang arus balik lebaran.

"Anak kecil banyak yang menangis karena berdesakan. Lansia yang harusnya didahulukan tapi tak jadi prioritas. Begitu juga dengan ibu-ibu yang bawa bayi, harusnya itu juga didahulukan," ujarnya.

Hingga kini, kondisi di Pelabuhan Tanjung Harapan Selatpanjang masih sama. Para penumpang berdesakkan mengantre untuk masuk ke kapal. Para petugas pun sibuk menangani kepadatan penumpang yang terjadi.

(jun)
Komentar Via Facebook :