Cara Maksimalkan Smartphone biar Nggak Cepat Lowbat saat Mudik

Cara Maksimalkan Smartphone biar Nggak Cepat Lowbat saat Mudik

Foto: Oppo Indonesia

Jakarta - Mudik menjadi salah satu momen yang melekat dengan Idul Fitri. Banyak yang harus dipersiapkan saat mudik maupun arus baliknya, termasuk untuk urusan smartphone.

Smartphone menjadi teman asyik dalam perjalanan mudik, mulai dari untuk berkomunikasi, membantu penunjuk arah jalan, mendengarkan musik, hingga berswafoto. Berada di perjalanan dengan waktu yang cukup lama dan menjalankan berbagai aplikasi membuat baterai smartphone cepat habis.

Namun, ada beberapa tips lain untuk memaksimalkan agar baterai smartphone tak cepat habis. Berikut caranya.

1. Turunkan Kualitas Cahaya

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghemat daya baterai adalah menurunkan level atau kualitas cahaya. Sebab level cahaya pada layar yang semakin tinggi akan lebih mudah menghabiskan daya baterai smartphone. Selama perjalanan mudik, turunkan kualitas level cahaya layar smartphone ke paling rendah untuk menghemat daya.

2. Nonaktif Fitur Lokasi

Jika smartphone tidak digunakan untuk membantu menunjukkan jalan sebaiknya matikan fitur lokasi. Ini akan membantu menghemat daya baterai agar bisa lebih tahan lama hingga sampai ke kampung halaman.

3. Gunakan Power Saving

Tips penting lainnya yang tidak boleh dilewatkan untuk menghemat daya saat mudik adalah mengaktifkan fitur power saving pada smartphone. Ini akan membantu kamu untuk mengatur penggunaan daya baterai dari aktivitas kurang penting.

Saat mengaktifkan fitur Power Saving, smartphone biasanya akan otomatis mengarahkan untuk merendahkan level cahaya, mematikan fitur lokasi, memberi notifikasi aplikasi dengan pemakaian daya tinggi, dan lain sebagainya.

4. Aktifkan Mode Airplane dan Gunakan Wifi

Selanjutnya pemudik bisa mengaktifkan fitur mode airplane saat smartphone tidak digunakan. Pemudik juga bisa memanfaatkan wifi jika disediakan oleh penyedia layanan transportasi yang sedang digunakan.

5. Pilih Smartphone Berdaya Besar dan Pengisian Cepat

Tips terakhir yaitu memilih smartphone dengan daya baterai besar dan memiliki fitur pengisian daya cepat. 

(fox)