Hindari Makanan Ini saat Berbuka Puasa Biar Jantung Tetap Sehat

Hindari Makanan Ini saat Berbuka Puasa Biar Jantung Tetap Sehat

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Penting memilih menu buka puasa yang baik untuk menunjang kesehatan jantung. Dikutip dari Cleveland Heartlab, pola makan yang buruk adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung dan perlu dihindari.

Berpuasa tentu baik terhadap kesehatan jantung, karena kita bisa berlatih menahan diri dan bisa memilih makanan yang bergizi untuk tubuh kita.

Lalu, apa saja jenis makanan yang perlu dihindari saat buka puasa demi menjaga kesehatan jantung?

Baca juga: 4 Penyebab Sperma Encer yang Sering Diabaikan

1. Gorengan Berlemak

Makanan yang digoreng pada umumnya mengandung persentase tinggi minyak yang akan menumpuk menjadi lemak. Kadar lemak memang diperlukan tubuh untuk mendapatkan energi namun jenis lemak yang salah justru akan menimbulkan masalah kesehatan.

Pada umumnya, makanan gorengan mengandung lemak jahat yang biasa disebut sebagai lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jahat ini akan meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan gangguan jantung dan naiknya asam lambung.

2. Makanan Tinggi Gula

Makanan yang mengandung gula biasanya meningkatkan kolesterol jahat, diet tinggi gula membuat hati mensintesis lebih banyak kolesterol LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat.

Selain itu, mengkonsumsi makanan manis juga bisa menurunkan kolesterol HDL (high-density lipoprotein) yang merupakan kolesterol baik. Kolesterol jahat bisa memicu penimbunan pada pembuluh darah yang mengakibatkan serangan jantung di kemudian hari.

Maka dari itu disarankan awali buka puasa dengan minum air putih untuk rehidrasi tubuh. Setelah itu, mengkonsumsi buah seperti kurma untuk mengawali buka puasa.

Kurma mengandung gula sederhana yang mampu dengan cepat menaikkan gula darah dalam tubuh, itu sangat baik karena kondisi gula darah selama berpuasa cenderung rendah.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews