PSSI Ngotot Bawa Rumakiek Bela Timnas di SEA Games Vietnam

PSSI Ngotot Bawa Rumakiek Bela Timnas di SEA Games Vietnam

Ramai Rumakiek dicoret dari Timnas Indonesia U-23 (Foto: Twitter/@PSSI)

Jakarta, Batamnews - Induk sepakbola Tanah Air, PSSI mau memulihkan cedera Ramai Rumakiek di Jakarta. Pemain muda Persipura Jayapura itu masih diberi kesempatan ikut Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021.

Beberapa waktu lalu Rumakiek disebut sedang mengalami cedera. Alasan itulah yang membuatnya tak bisa memenuhi panggilan ke Timnas Indonesia U-23 proyeksi SEA Games 2021.

Sebelumnya sempat ada kecurigaan bahwa sang pemain tak dilepas Persipura karena hubungan klub dengan PSSI merenggang imbas tim kebanggaan masyarakat Papua terdegradasi ke Liga 2. Tapi dugaan itu ditepis oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Iriawan menyebut bahwa Rumakiek cedera di bagian otot paha. Kini PSSI juga akan menanggung biaya pemulihan cedera Rumakiek dengan menerbangkan ke Jakarta.

Baca juga: Daftar 29 Pemain Timnas Indonesia untuk SEA Games 2022, Ada Saddil Ramdani

"Cedera Rumakiek harus diobati segera mungkin. Dia pernah berobat, tetapi belum juga sembuh. Itu sebabnya saya minta dia berobat di Jakarta sampai sembuh. Tenaganya sangat dibutuhkan di Vietnam," kata Iriawan dalam pernyataan resmi PSSI.

"Kami akan bekerja semaksimal mungkin untuk menyembuhkan Rumakiek. Dia aset tim nasional. Usianya masih muda dan kariernya masih panjang. Semoga cepat sembuh dan bisa bergabung dengan pemain-pemain lainnya," ujarnya menambahkan.

Keinginan PSSI untuk menyertakan Rumakiek ini berseberangan dengan Shin Tae-yong. Pelatih Timnas Indonesia itu sebelumnya sudah memastikan mencoret Rumakiek dari skuad SEA Games.

Shin Tae-yong memberi sanksi ke Rumakiek setelah sang pemain dianggap melakukan tindakan indisipliner. Patut ditunggu apakah pelatih asal Korea juga akan menganulir keputusan sebelumnya.

"Rumakiek tidak bisa main di SEA Games. Kami sudah melayangkan surat pemanggilan, dia tidak respons sama sekali, jadi saya harus berikan sanksi kepada Rumakiek," ujar Shin Tae-yong, pekan lalu.

(ruz)