Mengenal Asal Mula Kehidupan dari Teori Abiogenesis, Apa Itu?

Mengenal Asal Mula Kehidupan dari Teori Abiogenesis, Apa Itu?

Salah satu teori asal mula makhluk hidup adalah abiogenesis. Apa itu? (Foto: Getty Images/iStockphoto)

Batam - Pernahkah kamu bertanya-tanya, bagaimana asal mula adanya kehidupan? Pada dasarnya, kehidupan merupakan kelanjutan berkesinambungan dari makhluk hidup pertama di bumi. Asal usul kehidupan ini dijelaskan dalam beberapa teori, salah satunya yaitu teori Abiogenesis.

Teori abiogenesis pertama kali dikemukakan oleh Aristoteles dan didukung oleh Antonie van Leeuwenhoek dan Needham. Apa yang dimaksud dengan teori abiogenesis dan seperti apa contohnya? Simak penjelasan berikut!

Pengertian Teori Abiogenesis

Dalam Modul Biologi Kelas XII yang disusun oleh Munawir, disebutkan teori abiogenesis adalah teori yang menyatakan bahwa asal mula makhluk hidup yaitu dari benda mati. Teori abiogenesis disebut juga Generatio Spontanea.

Dalam teori tersebut dikatakan bahwa kehidupan yang kita jalani saat ini berasal dari non-kehidupan yang sudah ada sejak 3,5 miliar tahun lalu di Bumi. Selain itu, teori ini juga mengungkap bahwa kehidupan pertama sangatlah sederhana hingga berproses menjadi kehidupan yang kompleks.

Dikemukakan dan didukung oleh ilmuwan ternama, berikut ini percobaan yang dilakukan ilmuwan terhadap teori abiogenesis:

1. Antonie van Leeuwenhoek

Ilmuwan asal Belanda mendukung teori ini pada 1677. Percobaannya dilakukan dengan menggunakan mikroskop dan melihat ada mikroorganisme (makhluk hidup yang sangat kecil) dalam sampel air hujan dan air rendaman jerami. Dari hasil penemuannya tersebut, ia berpendapat bahwa mikroorganisme (makhluk hidup) berasal dari air (benda mati).

2. John Needham

Sama halnya dengan Antonie, menurut John Needham mikroorganisme juga berasal dari air. Ia melakukan percobaan dengan merebus daging. Lalu air kaldu tersebut disimpan dalam keadaan terbuka. Beberapa hari kemudian, air kaldu tersebut terlihat keruh karena ada mikroorganisme di dalamnya. Hasil percobaan tersebut membuat Nedham yakin bahwa mikroba muncul dari air rebusan daging.

Kelemahan Teori Abiogenesis

Gagasan dalam teori abiogenesis ditentang dan dikritik karena tidak mengaitkan dengan kondisi atmosfer sebelum bumi terbentuk. Teori abiogenesis runtuh karena percobaan yang dilakukan oleh Louis Pasteur.

Peneliti tersebut mematahkan teori abiogenesis dengan melakukan percobaan. Hasil percobaan Louis Pasteur disebut Omne vivum ex vivo, bahasa latin yang jika diartikan yaitu semua kehidupan berasal dari kehidupan.

Percobaan Pasteur menunjukkan bahwa kehidupan tidak dapat terjadi di tempat yang tidak terkontaminasi makhluk hidup. Teori yang digagas Pasteur menentang teori abiogenesis, namun mendukung teori biogenesis.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews