Pemkab Karimun Lobi Lion Air Tambah Rute Penerbangan di Bandara RHA

Pemkab Karimun Lobi Lion Air Tambah Rute Penerbangan di Bandara RHA

Bandara RHA Karimun. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun, Batamnews - Pemerintah Kabupaten Karimun melobi maskapai Lion Air untuk menambah rute penerbangan dari dan ke Bandara Raja Haji Abdullah (RHA).

Hal ini dibahas dalam pertemuan antara Bupati Karimun Aunur Rafiq, Gubernur kepri Ansar Ahmad bersama dengan manajemen maskapai penerbangan Lion Air.

Audiensi tersebut dilakukan di Gedung Utama Lion Air, Jakarta Pusat, Kamis (14/4/2022) lalu, yang juga dihadiri Otoritas bandara Raja Haji Abdullah (RHA) Karimun, Kadis Perhubungan Karimun, Kadis Kominfo Karimun dan pihak manajemen Lion Air.

"Audiensi dilakukan terkait rencana penambahan rute penerbangan domestik di Bandara Raja Haji Abdullah (RHA) Karimun," kata Bupati Karimun Aunur Rafiq, Selasa (19/4/2022) malam.

Jika penerbangan domestik itu dapat terlaksana, maka rute yang akan dilayani antara lain Pekanbaru - Tanjungbalai Karimun - Tanjungpinang.

Dalam audiensi ini, otoritas Bandara RHA Karimun memaparkan kesiapannya baik sarana dan prasarana untuk menambah rute baru tersebut.

Kemudian, kesiapan juga diyakinkan oleh Bupati Karimun yang menyampaikan prospek penerbangan dari Bandara RHA ke Pekanbaru selama beroperasi. Bahwa rute penerbangan Tanjungbalai Karimun ke Pekanbaru maupun sebaliknya adalah rute yang sangat menjanjikan.

Juga untuk rute Karimun-Tanjungpinang, bahwa selain mahasiswa, juga akan dimanfaatkan oleh ASN, pengusaha dan warga yang mengurus sesuatu ke ibukota provinsi.

"Rute Pekanbaru-Tanjungbalai Karimun sangat menjanjikan karena banyak masyarakat yang berpergian di rute ini, salah satunya adalah mahasiswa. Saat ini, rutenya dua kali seminggu dan itu selalu penuh," ucap Rafiq.

Dengan adanya rute Pekanbaru-Tanjungbalai Karimun - Tanjungpinang, ia meyakini dapat meningkatkan antusias pelaku perjalanan yang pada akhirnya akan menimbulkan multiplier efek bagi masyarakat Kabupaten Karimun.

"Kita optimis dan akan berupaya agar maskapai Lion Air dengan jenis pesawat Wings Air ATR 72 dapat segera beroperasi di Karimun, pesawat sebenarnya sudah siap karena mereka pernah uji coba mendarat di bandara kita," ucap Bupati.

Dari pertemuan yang dilakukan tersebut, diketahui bahwa pihak manajemen Lio Air menyambut baik rencana penambahan rute tersebut  dan akan segera menindaklanjuti dengan menghitung operasionalnya pada Mei 2022 mendatang.

Pihak manajemen Lion Air juga mengharapkan kerja sama pemerintah daerah agar tujuan audiensi yang dilakukan ini dapat di jalankan.

Dukungan tidak saja berupa kesiapan Bandara RHA Karimun, namun juga harus dapat dibarengi dengan eksistensi penumpang guna menunjang kelancaran penerbangan.
 

(aha)