Rayakan Perbedaan, GAMKI Kepri Berbagi Takjil ke Masyarakat Batam

Rayakan Perbedaan, GAMKI Kepri Berbagi Takjil ke Masyarakat Batam

GAMKI berbagi jajanan berbuka puasa untuk masyarakat Kota Batam.

Batam, Batamnews - Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Kepulauan Riau (Kepri) dan Pemuda Gereja melakukan pembagian takjil berbuka ke pengguna jalan di simpang Kabil, Kota Batam, Rabu (13/4/2022) sore.

Tampak puluhan kader GAMKI Kepri ikut andil dalam kegiatan tersebut. Mereka mulai membagikan takjil sekira pukul 17:30-18:30 WIB.

Ketua GAMKI Kepri, Rikson Tampubolon menyampaikan, kegiatan tersebut dilakukan dalam semangat hari raya besar umat Kristiani; Paskah.

"Paskah bicara tentang perenungan kemenangan Tuhan kita atas kematian. Nah, kita mau berbagi kepada para pengguna jalan khususnya umat muslim yang sedang menjalankan ibadahnya di momen Ramadan tahun ini," ujarnya.

Baca juga: Asparnas Kepri Buka Puasa Bersama dan Santuni Anak Yatim di Tanjungpinang

Untuk di Kepri, menurut dia, budaya yang terjalin hingga kini yakni saling menghargai antar umat beragama harus terus dipelihara. Walau berbeda keyakinan namun tidak seharusnya tercerai-berai.

"Perbedaan itu adalah anugerah yang Tuhan titipkan kepada kita agar kita mengelolanya menjadi baik adanya. Untuk itu kegiatan pembagian takjil ini kita lakukan agar kita sesama anak-anak bangsa semakin semangat membangun nilai-nilai pluralisme, toleransi dan kebangsaan kita sebagai bangsa yang Bhineka Tunggal Ika," kata Rikson yang juga salah seorang akademisi Kota Batam.

Untuk itu, perbedaan harus dirayakan. Aksi-aksi toleransi seperti yang mereka lakukan itu harus terus dijaga dan dilakukan.

Di sisi lain, Sekretaris GAMKI Kepri Roynaldo Talutu mengungkapkan, kegiatan itu seyogianya akan rutin dilaksanakan setiap tahunnya sebagai bentuk dukungan civitas dari pihaknya dan pemuda gereja akan harmoni keberagaman yang sudah terjadi saat ini.

Baca juga: Monyet 'Bajak' Jualan Takjil Warga di Batam, Nasibnya Tragis

"Kita berharap masyarakat luas dapat melihat dan menginspirasi kita semua untuk terus menjadi agen-agen toleransi di masyarakat," ujarnya.

"Mari kita jaga negara bangsa ini, Provinsi Kepri yang kita cintai ini serta Kota Batam yang kita sebut sebagai Bandar Madani ini terus terawat keanekaragamannya dan toleransinya. Kalaupun ada masalah di sana dan di sini dalam toleransi itu boleh kita dialog kan dari hati ke hati," katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Kerja Aksi Bagi Takjil Toleransi GAMKI Kepri, Thomson Sitompul menambahkan, apa yang dilakukan pihaknya saat ini tentu tidak seberapa. Namun semangat yang ditunjukkan mereka sekiranya dapat memberi suntikan semangat untuk umat muslim yang sedang berpuasa.

"Kita juga berharap dengan kegiatan ini dapat menyemai bibit-bibit toleransi di antara sesama. Apalagi kita tau bahwa hari ini pemerintah dan kita semua sedang gencar kampanye moderasi beragama. Ayo kita tunjukkan," pungkas dia.

(jun)
Komentar Via Facebook :