Wisata Natuna Bisa Apa? Tiket Batam-Bali Lebih Murah Ketimbang Batam-Natuna

Wisata Natuna Bisa Apa? Tiket Batam-Bali Lebih Murah Ketimbang Batam-Natuna

Keindahan permukiman warga pesisir yang unik di Pulau Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat, Kabupaten Natuna, Kepri. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Rute penerbangan ke Kepulauan Natuna, Provinsi Kepri tergolong mahal. Padahal Kabupaten Natuna merupakan salah satu daerah di Kepri yang memiliki potensi wisata bahari paling luar biasa. 

Hal inilah yang disinyalir menyebabkan perkembangan wisata di Natuna mandek terus. Sayang, jika level pengelolaan wisata daerah berjulukan 'Mutiara di Ujung Utara' itu berada di bawah standar jika dibandingkan dengan Batam dan Bintan.

Penerbangan ke Natuna saat ini hanya bisa dilewati jalur via Batam dan sebaliknya. Tak banyak maskapai penerbangan yang melayani rute Natuna. 

Sebelumnya ada Sriwijaya Air, penerbangan perintis Susi Air, hingga Sky Aviation dengan pesawat Superjet 100 buatan Sukhoi di masa lalu. 

Penerbangan yang ada pun kerap didominasi sistem flight charter oleh sejumlah pengusaha yang melirik potensi bisnis jalur udara ke Natuna.

Kini hanya Wings Air yang secara reguler melayani Batam-Natuna. Satu lagi, maskapai NAM Air, anak perusahaan Sriwijaya Air yang belakangan kembali membuka penerbangan tiap Sabtu.

Batam-Bali lebih murah

Jika dibandingkan di situs pembelian tiket, penerbangan rute Batam-Bali justru lebih murah ketimbang Batam-Natuna.

Dilihat Batamnews pada tarif penerbangan di situs tiket.com Rabu (6/4/2022) misalnya, harga tiket Batam-Natuna dengan maskapai Wings Air untuk hari Kamis (7/4/2022), seharga Rp 1.830.000. 

Sementara pada Sabtu (9/4/2022) seharga Rp  1.555.700. Penerbangan dengan Wings Air ditempuh 1 jam 45 menit dari Batam. Wings Air menggunakan pesawat baling-baling (propeller) ATR 72-600.

Sedangkan penerbangan dengan NAM Air terpantau baru ada pada Sabtu (16/4/2022) beberapa hari kedepan. Tarifnya seharga Rp 1.221.817. Penerbangan dengan NAM Air ditempuh 1 jam 15 menit menggunakan jenis Boeing 737-500

Penerbangan Batam-Bali

Sementara itu, warga Batam justru bisa dengan leluasa ke Bali naik pesawat dengan tarif lebih murah. Pantauan Batamnews di situs tiket.com pada Rabu (6/4/2022), penerbangan ke Bali untuk hari Kamis (7/6/2022) ada maskapai Lion Air yang menawarkan harga Rp 1.275.500 dengan satu kali transit di Jakarta.

Sementara itu maskapai Citilink menawarkan harga yang tak jauh beda dengan penerbangan biasa ke Natuna . Citilik ke Bali dari Batam pada Kamis (7/6/2022) terpantau seharga Rp 1.959.770 dengan satu kali transit di Jakarta.

Warga dari Batam juga banyak opsi menggunakan pesawat Batik Air, Garuda Indonesia dengan tarif di atas Rp 2 juta-an ke Bali. 

Alternatif lain warga Batam ke Bali juga bisa ditempuh dengan menyeberang ke Singapura dan terbang langsung ke Denpasar dengan berbagai maskapai yang bisa mereka pilih.
 

(fox)
Komentar Via Facebook :