Bupati Natuna Tutup Musrembang Kabupaten Tahun 2022

Bupati Natuna Tutup Musrembang Kabupaten Tahun 2022

Foto / Yanto - Batamnews

Natuna. Batamnews - Bupati Natuna Wan Siswandi, menutup kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Natuna tahun 2022, bertempat digedung Sri Serindit, jalan Yos Sudarso, Ranai, Rabu (23/03/22). 

Sebelumnya, Musrenbang dilaksanakan selama 3 hari. Digelar sejak Senin, 21-23 Maret, tahun 2022, diikuti seluruh OPD, DPRD, Camat, Kades, DPD, Ormas, LSM, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Wan Siswandi dalam sambutannya menyampaikan, Musrenbang merupakan cerminan kualitas dan integritas diri aparatur pemerintah, dapat diukur demi kepentingan masyarakat. Dimulai dari desa, kecamatan hingga Kabupaten dan dilanjutkan ketingkat provinsi.

Musrenbang untuk menampung semua kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai pembahasan. Namun tidak semua usulan itu bisa dilaksanakan tergantung kemampuan anggaran.

“Semua saran dan masukan selama membahas Musrenbang Kabupaten, dapat menjawab permasalahan dan tantangan dalam berbagai aspek, baik ditingkatan kehidupan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Natuna,” ujar Siswandi.

“Kita telah mencurahkan perhatian, pikiran, tenaga, dan waktu untuk melaksanakan paparan dan diskusi demi menyepakati skala prioritas program kegiatan tahun depan. Alhamdulillah, serangkaian kesepakatan dan komitmen bersama telah kita dapati melalui musyawarah mufakat,” tambah Bupati.

Ini bagian dari beberapa tahapan penyusunan anggaran tahun 2023, perlu ditindaklanjuti oleh perangkat daerah untuk diformulasikan ke dalam Rencana Kerja (Renja) tahun depan.

Rencana Kerja Perangkat Daerah akan kita tindak lanjuti ke dalam rancangan akhir Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang merupakan akumulasi dari seluruh renja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna.

Bagaimanapun, kemampuan keuangan daerah sangat terbatas jika dibandingkan dengan jumlah usulan kegiatan dari masyarakat. Untuk itu perangkat daerah perlu mencermati kembali prioritas program dan menetapkan prioritas program benar-benar mengarah kepada penyelesaian permasalahan mendesak, dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“‘Upayakan percepatan pembangunan di berbagai bidang secara merata dan berkeadilan di seluruh wilayah Kabupaten Natuna,” ucapnya.

April depan akan ada penambahan listrik 2 Mega. Maka kita sinergikan Musrenbang ini,antara Kabupaten Provinsi dan Pemerintah Pusat. Ia juga memberi pujian luar biasa kepada Gubernur Kepri Ansar Ahmad telah banyak membantu dan membuka Musrenbang Kabupaten Natuna.

Semoga RKPD Kabupaten Natuna tahun 2023, dapat dijadikan dasar dan masukan untuk penyusunan perencanaan pembangunan kedepan terutama dalam penyusunan rancangan akhir RKPD semakin baik dan berkualitas.

Prinsip-prinsip keterpaduan, kolaborasi dan koordinasi harus dikedepankan, agar benar-benar menyentuh langsung dalam mengatasi berbagai isu dan tantangan dari waktu kewaktu.

“Dengan berakhirnya pelaksanaan Musrenbang dalam penyusunan RKPD Kabupaten Natuna Tahun 2023, disepakati berbagai program dan kegiatan prioritas. Selanjutnya akan dijadikan rujukan dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran Tahun 2023,” terang Siswandi.

Sementara itu, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Ismir dalam laporannya mengatakan, hasil kesepakatan Musrenbang Kabupaten Natuna, melalui pokok – pokok pikiran DPRD Natuna, bersama OPD, telah disepakati 3 skala prioritas pembangunan diantaranya, Prioritas Peningkatan Otonomi Daerah, Prioritas Pembangunan Infratuktur dan Prioritas Sumberdaya Manusia.( yan)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews