Sandiaga: Kemenparekraf Buka Ratusan Ribu Lapangan Kerja Tahun Ini

Sandiaga: Kemenparekraf Buka Ratusan Ribu Lapangan Kerja Tahun Ini

Menparekraf, Sandiaga Uno. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Tahun 2022 ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI akan membuka ratusan ribu lapangan kerja baru di tanah air.

Ada 2 sektor lapangan kerja yang menjadi fokus Kemenparekraf dalam menggenjot perekonomian di Indonesia. Yakni di bidang ekonomi kreatif dan pariwisata.

Baca juga: Kunjungi Ninos Batam, Sandiaga Uno: Mungkin Nanti Ada Wahana Simulasi Jadi Kadis atau Wali Kota

Menteri Parekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan geliat pariwisata hingga ekonomi kreatif di Indonesia sudah mulai nampak. Dibuktikan dengan terkontrolnya angka penularan Covid-19 sampai pada akan dibukanya perbatasan antar negara tetangga.

"Tahun ini kita menambah 700 ribu lapangan kerja baru di sektor ekraf dan 400 ribu di sektor pariwisata," ujar Sandiaga Uno, Kamis (31/3/2022) di Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Sementara untuk di Provinsi Kepri sendiri, ia tak menampik jika sektor di bawah kendalinya terkesan mati suri akibat terimbas dari Covid-19. Bahkan hal itu berlangsung hingga saat ini.

Namun, ia optimis jika tahun ini sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kepri akan bangkit seperti sedia kala.

"Untuk ekraf ada beberapa yang kita fokuskan termasuk di Nongsa Digital Park. Di Bintan juga ada beberapa produk ekraf yang harus dikembangkan," ujarnya.

Baca juga: Menteri Sandiaga Uno Bikin Teh Tarik di Batam Wonderfood dan Art Ramadan

Menurut dia, bidang ekonomi kreatif berperan penting dalam membuka lapangan kerja baru di Indonesia. Jika dilihat di Kepri saja, ada 300 lapangan kerja dari sektor tersebut.

Sandiaga pun berpesan kepada para pelaku ekonomi kreatif di Kepri agar terus berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi.

"Saya titipkan 3 hal itu saja. Dan nanti pemerintah akan memfasilitasi. Jadi itu yang kita dorong dan juga kita harapkan untuk kemajuan ekonomi kreatif," katanya. 

(jun)
Komentar Via Facebook :