Awas! Buka Puasa Pakai Gorengan Bisa Bikin Kolesterol Meledak

Awas! Buka Puasa Pakai Gorengan Bisa Bikin Kolesterol Meledak

Pedagang gorengan. (Foto: Juna/Batamnews)

Jakarta, Batamnews - Berbuka puasa dengan gorengan memang sungguh nikmat. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah cenderung membuat banyak orang ketagihan untuk terus mengonsumsinya. Sebagian orang bahkan menjadikan gorengan sebagai makanan berbuka puasa.

Namun, Anda sebaiknya jangan sampai kebablasan mengonsumsi gorengan karena makanan ini bisa membawa sederet 'dosa' bagi tubuh.

Baca juga: Harga Minyak Goreng Melambung, Gorengan Rp 5 Ribu Cuma Dapat 3

Lemak jahat pada gorengan bisa menimbulkan banyak penyakit. Sebab, lemak akan lebih lama di proses meskipun tubuh sudah seharian tidak diberi asupan gizi.

Gorengan juga cenderung memiliki banyak kandungan lemak, kalori, dan garam. Terlebih bila gorengan dilapisi tepung dengan kandungan gula. Hal itulah yang disebut bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan kesehatan.

Baca juga: Pedagang Gorengan di Batam Kesulitan Dapatkan Minyak Goreng Murah 

Proses menggoreng makanan juga bisa mengubah kualitas nutrisi, apalagi jika minyak untuk menggoreng sudah dipakai berulang sehingga mengandung lemak trans alias lemak jahat.

Kebiasaan mengonsumsi gorengan dalam jumlah besar bahkan bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol yang berujung pada pembentukan plak pada pembuluh darah. Plak tersebut bisa menghambat aliran pembuluh darah dan berpotensi memicu penyakit stroke, aterosklerosis, hingga serangan jantung mendadak.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews