Warga Batam yang Ingin Vaksin Covid-19 Bisa langsung ke Puskesmas

Warga Batam yang Ingin Vaksin Covid-19 Bisa langsung ke Puskesmas

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Vaksin booster ditetapkan menjadi salah satu syarat khusus untuk mudik tahun 2022. Hal ini berdasarkan pernyataan Presiden RI, Joko Widodo melalui konferensi pers daring, Rabu (23/3/2022).

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya agar stok vaksin tetap memadai seiring meningkatnya permintaan masyarakat terhadap vaksinasi.

“Tentu dengan kebijakan baru ini, pasti minat masyarakat terhadap vaksin juga akan tinggi,” ujar Didi di Kantor Wali Kota Batam, Kamis (24/3/2022).

Selain itu, persiapan lainnya mengenai tenaga kesehatan sebagai pelaksana vaksinasi, Ia menyampaikan hal tersebut sudah dipersiapkan dengan baik sejak awal vaksinasi.

Baca juga: BNPB Bantu Vaksin Booster di Batam dan Bintan 

“Petugasnya tentu sudah ada, dari Dinkes sudah diplot untuk bertugas melayani vaksinasi,” kata dia.

Kemudian terkait sentra vaksinasi di Kota Batam, Didi menyebutkan bahwa saat ini masih tetap melayani seperti sebelumnya. Adapun sentra vaksinasi di antaranya, di Mall Botania 2 yang melayani setiap hari, seluruh Puskesmas yang ada di Batam.

Kemudian Grand Batam Mal yang melayani ketika akhir pekan, rumah sakit pemerintah, dan Maha Vihara Duta Maitreya, Sei Panas yang melayani ketika hari sabtu.

“Jadi masyarakat lebih mudah untuk mendapat vaksin booster,” kata dia.

Baca juga: Ketua APINDO Kepri Cahya Dukung Kebijakan Wajib Booster, Begini Alasannya

Mengenai stok vaksin di Batam, Didi menyampaikan masih dalam keadaan aman. Baru-baru ini, Kota Batam mendapat 25 ribu vaksin jenis Moderna. Didi mengimbau warga Batam yang belum vaksin kedua jenis Moderna, agar dapat ke sentra vaksinasi untuk penyuntikan vaksin.

“Kalau jenis Moderna memang agak jarang,” katanya.

Namun untuk booster ketiga, Ia menjelaskan pemberian vaksin sudah heterolog, sehingga tidak harus menyesuaikan vaksin dosis pertama dan kedua.

“Kemarin tersedia pfizer, jadi kami berikan pfizer untuk booster,” katanya.

Capaian vaksinasi booster Kota Batam hingga 23 Maret 2022 baru terealisasi 25,62 persen atau 201.536 orang.

(ret)
Komentar Via Facebook :