Jika Djoko dan yang Pernah Gabung ISIS ke Suriah Kembali ke Indonesia...

Jika Djoko dan yang Pernah Gabung ISIS ke Suriah Kembali ke Indonesia...

Dwi Djoko Wiwoho

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Mantan Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Dwi Djoko Wiwoho (Djoko) dipastikan sudah di Suriah untuk gabung dengan Negara Islam Irak Suriah (ISIS). Apa yang akan terjadi jika Djoko kembali lagi ke Indonesia?

Menurut ahli teorisme Sidney Jones yang juga merupakan pimpinan Institute for Policy Analysis of Conflict, keberadaan kelompok militan Negara Islam atau disebut ISIS di Suriah dan Irak dapat menjadi tempat pelatihan bagi gelombang lahirnya para pelaku peledakan bom di Indonesia.

"Kalau ada orang yang punya pengalaman di Suriah bisa kembali ke Indonesia, dia bisa jadi pemimpin dengan kredibilitas yang baru, dengan keterampilan yang lebih tinggi, dengan komitmen ideologi yang lebih mendalam," kata Sidney Jones.

Sidney Jones juga mengatakan, warga Indonesia pendukung ISIS yang baru kembali dari Suriah "bisa betul-betul menghidupkan dan melatih sel-sel teroris yang masih ada di Indonesia dan itu bahayanya."

Djoko pergi ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS tidak sendirian. Ia bersama istrinya Ratna Nirmala, dan 3 anaknya. Selain itu masih ada 26 orang lainnya yang semuanya adalah keluarga istrinya.

Di Batamnews sebelumnya diberitakan bahwa kakak ipar Djoko sempat diketahui di Turki dan ditangkap, ia kemudian dideportasi ke Indonesia. Saat ini masih di tangan aparat kepolisian. Sedangkan Djoko bersama istrinya diduga lolos dan sudah bergabung dengan kelompok radikal ISIS.

Sumber: BBC

[rul]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews