4 Hal yang Bisa Menarik Orang Indonesia Gabung ISIS

4 Hal yang Bisa Menarik Orang Indonesia Gabung ISIS

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Menurut data Sidney Jones, seorang ahli terorisme dan Pimpinan Insitut for Policy Analysis of Conflict, lebih dari 2000 warga Indonesia yang bergabung ke Negara Islam Irak Suriah (ISIS). Ia pun membeberkan 4 hal yang menarik mereka bergabung ke kelompok radikal tersebut.

1. ISIS dianggap satu-satunya negara Islam

Menurut Sidney Jones, mungkin yang paling berhasil dari propaganda ISIS, ada ide bahwa ISIS adalah satu-satunya negara Islam di mana syariat Islam bisa diterapkan secara penuh. Itulah yang menarik banyak orang di Indonesia.

2. Propaganda melalui video Propaganda

ISIS melalui video seperti youtube, dikatakan Sidney Jones cukup menarik warga Indonesia untuk bergabung. Apalagi dalam video-video tersebut digambarkan orang (yan begabung ISIS) yang sangat senang, yang bisa hidup seperti biasa, seperti tidak ada perang sama sekali.

3.Iming-iming fasilitas gratis

Sidney Jones menduga, adanya iming-iming fasilitas gratis seperti sekolah gratis dan rumah gratis bisa menjadi pull (daya tarik) yang cukup besar.

4. Hadist tentang perang akhir zaman

Tapi di samping itu ada juga ide bahwa menurut beberapa hadits, perang akhir zaman akan terjadi di Syam (Suriah), dan ini kesempatan untuk orang Indonesia dan sebetulnya orang di mana saja untuk ikut dalam perang yang terakhir di mana Islam akan menang. Dan itu juga bisa jadi satu faktor atau motivasi yang sangat kuat.

Sumber: BBC

[rul]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews