Bupati Katingan Bawa Camat-Kades Belajar Kelola Pembangunan di Bintan

Bupati Katingan Bawa Camat-Kades Belajar Kelola Pembangunan di Bintan

Rombongan Bupati Katingan tiba di Bintan (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan, Batamnews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memboyong seluruh camat dan kepala desa (Kades) untuk melalukan kaji banding ke Desa Teluk Bakau, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (18/3/2022).

Rombongan yang dipimpin langsung Bupati Katingan Sakariyas itu melakukan studi terkait peningkatan kapasitas kades dalam pengelolaan pembangunan dan keuangan desa.

"Jika dibandingkan dengan Kabupaten Bintan, kami masih jauh dari baik. Bintan memiliki wilayah dan SDM yang lebih besar. Sangat luar biasa bagaimana Kabupaten Bintan bisa mengelola dengan baik semuanya," ucap orang nomor satu di Kabupaten Katingan itu.

Dengan melihat langsung ke lapangan, kata Sakariyas, dia ingin mengajak camat serta seluruh kadesnya untuk belajar bagaimana pengelolaan pembangunan dan pengelolaan keuangan desa bahkan infrastruktur yang baik.

Baca juga: Kapolres Wanti-wanti Distributor Sembako di Bintan Tak Timbun Minyak Goreng

"Diharapkan Kabupaten Bintan bisa membantu dan memberi dukungan bimbingan, agar ketika pulang nantinya ada yang kami bawa," jelasnya.

Sementara itu, Asisten I Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Bintan, Wan Rudi Iskandar mengucapkan selamat datang kepada Bupati Katingan beserta rombongan di Desa Teluk Bakau.

"Desa yang dikunjungi merupakan salah satu desa yang banyak mengeluarkan terobosan dan inovasi," katanya.

Wan Rudi menjelaskan bahwa sebenarnya jumlah penduduk tidak berbeda jauh dengan Kabupaten Katingan. Kabupaten Bintan memiliki 10 kecamatan, 36 desa dan 15 kelurahan. Kemudian kabupaten ini memiliki wilayah lautan 96% yang lebih besar dibandingkan daratan.

Kabupaten Bintan diuntungkan karena wilayahnya di perbatasan jalur lintas Internasional.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews