Jokowi Luncurkan Mobil Listrik Pertama Buatan Indonesia

Jokowi Luncurkan Mobil Listrik Pertama Buatan Indonesia

Presiden Joko Widodo dalam peresmian Pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dan peluncuran Mobil Listrik IONIQ 5 di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022) (Tangkapan layar youtube Setpres RI)

Jakarta, Batamnews - Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dan meluncurkan mobil listrik IONIC 5 di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022). Jokowi mengaku menunggu-nunggu momen tersebut.

"Karena kita ingin segera melakukan transisi besar-besaran dari mobil yang menggunakan bahan bakar fosil ke mobil listrik yang ramah lingkungan," ujarnya.

Baca juga: Mobil Listrik Murah Meriah Wuling Dijajal Luhut, Jadi Dijual di Indonesia?

Ke depan, menurut Jokowi, kendaraan listrik harus menjadi moda transportasi utama di tanah air. Termasuk menjadi tumpuan untuk transportasi ramah lingkungan yang dikembangkan juga nantinya di Ibu Kota Negara Nusantara.

Selain itu, lanjut Jokowi, Indonesia harus menjadi pemain penting dalam global supply chain di industri mobil listrik. Sebab, Indonesia memiliki sumber daya mineral yang sangat besar untuk mendukung pengembangan mobil listrik.

"Kita punya nikel, kita punya kobalt, sebagai material penting untuk baterai lithium. Bauksit yang bisa diolah menjadi alumunium dan kemudian dapat dimanfaatkan untuk kerangka mobil listrik serta tembaga yang dibutuhkan untuk baterai dan sistem kabel-kabel mobil listrik," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menekankan hilirisasi barang tambang harus dilakukan agar nilai tambah meningkat dan optimal.

"Untuk menjadi pemain kunci di kendaraan listrik kita perlu membangun ekosistem yang kuat. Tanpa ekosistem yang kuat di dalam negeri, kita akan sulit bersaing dengan negara lain dalam membangun industri mobil listrik," ujar Jokowi.

Kepala negara pun bilang kalau tahun 2022 ini akan menjadi momen penting untuk pengembangan baterai lithium untuk kendaraan listrik. Beberapa investor, lanjut Jokowi, akan memulai konstruksi untuk kemudian mengolah nikel dan kobalt menjadi bahan material baterai lithium.

Baca juga: Erick Thohir Kerahkan 3 BUMN Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik

"Dan pada tahun 2024, mobil listrik yang diproduksi di Indonesia sudah menggunakan baterai listrik dan juga komponen-komponen penting lainnya yang diproduksi di negara kita Indonesia," katanya.

Mantan Wali Kota Solo itu pun memastikan pemerintah akan terus mendorong local content kendaraan listrik dengan memberikan insentif, memangkas berbagai hambatan regulasi. Sehingga industri hulu dari kendaraan listrik juga akan tumbuh yang sekaligus menciptakan lapangan kerja dan bisa mensubstitusi impor.

"Pemerintah akan selalu mendukung setiap investasi kendaraan listrik di Indonesia dan juga pengembangan industri hulunya, terutama industri baterai," ujar Jokowi.

 

Lebih lanjut, kepala negara menyambut baik langkah Hyundai meluncurkan mobil listrik Hyundai IONIC 5. Mobil ini menjadi mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia, yang diproduksi untuk memenuhi pasar Indonesia dan pasar ekspor.

"Saya harapkan mobil listrik Hyundai IONIC 5 ini akan menjadi milestone penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia, memacu pengembangan mobil listrik yang semakin canggih dan diminati," kata Jokowi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews