Pemulihan Ekonomi Jadi Fokus Musrenbang Kabupaten Karimun

Pemulihan Ekonomi Jadi Fokus Musrenbang Kabupaten Karimun

Musrenbang Kabupaten Karimun 2022. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun, Batamnews - Pemulihan ekonomi menjadi fokus bahasan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

Musrenbang yang digelar selama 2 hari, Kamis-Jumat (10-11/3/2022) tersebut membahas sejumlah prioritas untuk meningkatkan perekonomian yang terpuruk oleh pandemi Covid-19.

Dengan pembangunan strategis yang dianggap dapat memberikan dampak baik bagi masyarakat Kabupaten Karimun pada tahun 2023 mendatang.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur tentunya juga mendukung untuk pertumbuhan ekonomi serta pelayanan dasar.

"Pembangunan balai latihan untuk pelatihan tenagakerja agar dapat memiliki daya saing dengan peningkatan SDM, tentu sangat memberikan dampak baik untuk pertumbuhan ekonomi nantinya," kata Rafiq, Jumat (11/3/2022).

Di samping itu, juga akan dilakukan pembinaan terhadap UMKM yang dinilai penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi daerah.

"Tentunya melalui inovasi-inovasi yang maju, dan tentunya juga dengan dukungan pemerintah," ucapnya.

Lalu, disampaikan juga oleh Bupati Karimun untuk kegiatan yang bersifat Multiyears, yaitu dengan Revitalisasi gedung Karimun Exhibition and Convention Centre (KECC) di Coastal Area, yang akan disulap sebagai mal pelayanan publik.

Gedung KECC tersebut diketahui sudah beberapa tahun ini tidak mendapat perhatian dan terbengkalai.

Kemudian, pembangunan prioritas lainnya adalah pembangunan gedung kantor pemerintah, diantaranya Kantor Satpol PP, Kantor BPBD, serta pembangunan kantor camat untuk dua kecamatan baru hasil pemekaran.

"Saya harapkan, penyelenggara pembangunan pada 2023 nanti, akan lebih terarah, terukur dan akuntabel," kata Rafiq.

Untuk mencapai hal itu, Rafiq juga meminta kerjasama semua aspek, baik pemerintah daerah dan juga masyarakat dengan kolaborasi yang baik.

"Sehingga, Karimun akan mampu mewujudkan visi dan misi pembangunan untuk dapat dinikmati masyarakat dengan pertumbuhan ekonomi yang baik juga tentunya," kata Rafiq.
 

(aha)