Viral Janin Bumil 6 Bulan Hilang dalam Semalam, Ini Kata Dokter

Viral Janin Bumil 6 Bulan Hilang dalam Semalam, Ini Kata Dokter

ilustrasi

Batam, Batamnews - Viral sebuah video menampilkan seorang petugas medis yang menceritakan pengalaman pasiennya yang tiba-tiba kehilangan bayi di kandungannya dalam semalam.

Dalam video tersebut, petugas medis tersebut mengatakan pasiennya tengah hamil 6 bulan. Namun, sehari setelah memeriksakan kandungannya, janin pasien tersebut tiba-tiba menghilang.

Baca juga: Gerebek Apartemen, Polisi Temukan Ribuan Janin Manusia Disimpan di Freezer

"Jadi, saya barusan menerima seorang pasien ibu-ibu. Ibu ini sore kemarin masih dalam keadaan hamil 6 bulan, saya yang periksa, detak jantung bayi dan semuanya bagus. Jadi ibu ini berasal dari pedalaman dan dia bekerja di perkebunan berasal dari Nias," jelas petugas kesehatan tersebut yang dari akun TikTok @dr.mrs.dy, dikutip dari Haibunda.

"Tiba-tiba, sore ini dia datang dalam keadaan perut sudah kempes dan tidak ada tanda-tanda kehamilan dan kelahiran. Cuma satu hal, ibu itu bilang kalau tadi malam dia bermimpi ada seorang nenek tua yang mengurut perutnya dan meminta bayinya. Saya bilang sama ibu itu, 'ibu izinkan nenek itu ambil bayi itu?', (katanya) 'sebelum sempat saya bilang iya, nenek itu sudah tak ada lagi'," lanjutnya.

Melihat kondisi tersebut, si petugas kesehatan segera merujuk pasien ke dokter kandungan. Hal ini bertujuan untuk melakukan USG dan memastikan kondisi wanita tersebut, apakah pernah hamil dan janinnya benar-benar hilang.

Baca juga: Cerita Bumil Terinfeksi Covid-19, Berjuang Lawan Omicron

Lalu, Bagaimana Tanggapan Dokter?

Menurut Staf Medis Woman Health Service RSUPN, Dr Cipto Mangunkusumo, dr Ilham Utama Surya, SpOG, dalam pandangan medis janin yang hilang hampir tidak mungkin terjadi. Ia mengatakan jika hamil 6 bulan dan hilang, harus ada masa nifasnya.

"Apakah dia sudah pernah rutin USG? Kalau enam bulan terus tiba-tiba hilang, hampir nggak mungkin ya," kata dr Ilham saat dihubungi Haibunda.

"Kalau hamil enam bulan lalu hilang, harusnya ada masa nifasnya. Kalau enam bulan kan minimal rahim sudah di atas pusat tuh, ya minimal rahim itu teraba di perut," bebernya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews