Tuan Guru Bajang Gali Hikmah Isra Mikraj di Masjid Baiturrahman Sekupang

Tuan Guru Bajang Gali Hikmah Isra Mikraj di Masjid Baiturrahman Sekupang

TGB saat memberikan ceramah di Masjid Baiturrahman Sekupang. (Foto: Batamnews)

Batam, Batamnews - Pemko Batam mengundang ulama asal NTB, Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) dalam peringatan Isra Mikraj di Masjid Baiturrahman, Sekupang, Batam, Minggu (27/2/2022) malam.

Dalam tausyiahnya, TGB memberikan ceramah terkait tiga hal dari sekian banyak pelajaran yang bisa diserap dari peristiwa Isra Mikraj.

Baca juga: Forum Umat Islam Karimun Minta Menag Yaqut Dicopot

Isra Mikraj Rasulullah hanya sekali dalam sejarah. Namun, pelajaran yang bisa diambil dari peristiwa itu dikenang sepanjang hayat.

"Kita gali hikmahnya (Isra Mikraj), ambil pelajarannya. Sebagai masyarakat Batam, inj menjadi modal menghadapi tantangan dimasa mendatang," katanya.

Tiga hal yang ditekankan TGB ialah, ikhtiar dan doa, tasbih serta hamba yang sesungguhnya. Dalam menguraikan tiga hal itu, ia mengangkat problem yang saat ini tengah dihadapi seluruh masyarakat.

Pertama, bersama kesulitan ada kemudahan. Sebelum Isra Mikraj, rasul bersama keluarga diboikot oleh orang Quraish sebagai upaya menghukum Rasulullah AS agar berhenti berdakwah.

Kejadian tersebut berlangsung tiga tahun sebelum nabi berpindah ke Thaif. Bahkan, Rasulullah juga mendapatkan musibah meninggalnya paman dan istri terkasih.

"Nabi tidak putus asa. Beliau tetap beriktiar dan terus berdoa," ujar TGB.

Jika ditarik ke masa saat ini, dunia dilanda ujian dengan kasus Covid-19 yang makin hari tiada habisnya. Bahkan, untuk perjalanan saja tidak hanya harus punya uang, tapi harus dilengkapi hasil tes Covid.

"Jangan putus asa, karena setelah ada kesulitan, pasti ada kemudahan," ujarnya.

Baca juga: Hukum Menerima Cokelat Valentine dalam Islam Menurut Buya Yahya

Selain itu, hikmah yang lain yang dapat diambil dari peristiwa Isra Mikraj juga sebagai langkah tasbih atau menyucikan diri dan mengingat akan kebesaran Allah SWT.

Lalu yang terakhir berserah diri ke Allah sebagai hamba sahaya. Ia menyampaikan, peristiwa Isra Mikraj merupakan peristiwa penting antara sang khalik dan hambanya.

"Semakin menghambakan dirimu kepada Allah, maka akan semakin mulialah engkau. Sebaliknya juga, jika menghambakan diri di depan manusia, maka hinalah dirinya. Kalau mau jadi orang mulia, sujudlah serendah-rendahnya kepada Allah," kata TGB.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, yang menghadiri peringatan Isra Mikraj tingkat Kota Batam di Masjid Baiturrahman, Sekupang, menyampaikan harapannya.

"Mudah-mudahan, apa yang disampaikan dalam tausiah Isra Mikraj bisa kita manfaatkan, apa yang kita belum ketahui bisa diketahui," ujar Rudi.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews