Forum Umat Islam Karimun Minta Menag Yaqut Dicopot

Forum Umat Islam Karimun Minta Menag Yaqut Dicopot

Foto: Edo Batamnews

Karimun, Batamnews - Ucapan Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas soal analogi pengeras masjid menimbulkan reaksi di tengah masyarakat.

Menag Yaqut memberikan keterangan soal pengaturan soal pengeras masjid. Namun analogi antara kebisingan oleh pengeras masjid yang harus ditata dengan perbandingan gonggongan anjing membuat banyak pihak marah.

Baca juga: FBR Demo di Kemenag Tuntut Copot Menteri Agama

Forum Umat Islam Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, melakukan pernyataan sikap mengenai ucapan Yaqut.

Mereka memunculkan pernyataan sikap menuntut untuk dicopotnya Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama Republik Indonesia.

"Aksi ini murni kami lakukan karena kami umat islam merasa terluka dengan ucapkan Bapak Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas," kata Basar Sitorus, perwakilan FUIKK Karimun.

Kemudian, ucapan yang melukai hati umat islam itu juga dinilai melanggar undang-undang mengenai penistaan agama.

"Menurut kami, itu telah melanggar hak konstitusi dalam kebebasan beragama, yang dijamin oleh undang-undang dasar 1945 pasal 28 e ayat 1 dan 2 dan pasal 29 ayat 2," ujar Basar.

Baca juga: LKAAM Sumbar Haramkan Menag Yaqut Injak Tanah Minangkabau

Menurutnya, Menteri Agama yang seharusnya dapat memberikan kenyamanan umat beragama, malah menimbulkan keserahan dan perpecahan umat muslim.

Basar menyebutkan, azan merupakan suatu syariat islam yang sakral. Seorang yang mengumandangkan hingga suaranya dapat terdengar jauh, maka dipercaya memberikan syafaat bagi yang mengumandangkannya.

"Sehingga, kami merasa dikhianati, syariat islam dikurangi. Maka kami minta penindakan tegas dilakukan atas ucapan Menteri Agama Yaqut," ujarnya.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews