Disuntik Rp 10 Miliar, Bandara RHA Karimun Perpanjang Runway 400 Meter

Disuntik Rp 10 Miliar, Bandara RHA Karimun Perpanjang Runway 400 Meter

Landasan pacu Bandara RHA Karimun yang akan diperpanjang menjadi 2 ribu meter. (Foto: Google Map)

Karimun, Batamnews - Perpanjangan landasan pacu atau runway Bandar Udara Raja Haji Abdullah (RHA) Karimun, Kepulauan Riau, dimulai tahun depan.

Dibiayai anggaran tahun 2022 sebesar Rp 10 miliar dari Pemprov Kepri, landasan pacu Bandara RHA akan diperpanjang 400 meter agar dapat didarati pesawat berukuran besar.

Kepala Bandara RHA Karimun, Fanani Zuhri mengatakan bahwa, ada dua sisi nantinya yang dilakukan perpanjangan landasan pacu, yaitu bagian barat dan timur.

"Untuk bagian sisi Timur itu ke arah laut dan untuk sisi Barat pada bagian darat," kata Fanani, Sabtu (26/2/2022).

Untuk perpanjangan runway ke arah laut termasuk membangun sisi keselamatan penerbangan, pihaknya akan melakukan reklamasi.

Sementara itu, untuk bagian barat yang mengarah pada daratan juga menunggu pembebasan lahan agar dapat segera dibangun.

Oleh karena itu, persoalan dalam pembebasan lahan tersebut merupakan tanggungjawab Pemerintah. Sebab, di tahun 2023 hingga 2024 proses pembangunan telah dilakukan.

"Makanya hal itu, menjadi kewajiban pemerintah daerah baik kabupaten dan [rovinsi untuk penyiapan lahan," ujar Fanani.

Rencana perpanjangan landasan pacu bandara RHA hingga 2000 meter itu, menargetkan untuk pesawat jenis Boeing dapat mendarat.

Sehingga, proses dalam pembangunan diperkirakan akan dilakukan beberapa tahap. Karena, selain perpanjangan juga akan dilakukan pelebaran dan pengerasan, serta melengkapi sejumlah fasilitas pendukung lainnya.

"Bisa jadi 3 tahap. Disamping kita melakukan perpanjangan, juga melakukan pelebaran, mungkin sebelum itu juga kita lakukan pengerasan," ucapnya.

Namun, jika adanya bantuan dana yang cukup besar dari pemerintah pusat maupun provinsi, Fanani memprediksi bahwa akan cepat terselesaikan.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews