Anggota DPRD Batam Udin Sihaloho Ragu Travel Bubble di Batam

Anggota DPRD Batam Udin Sihaloho Ragu Travel Bubble di Batam

Anggota DPRD Batam, Udin P Sihaloho

Batam, Batamnews - Wisatawan asal Singapura mulai masuk ke Batam dengan skema Travel Bubble, Kamis (23/2/2022). Sebanyak 26 wisman disambut pejabat Pemprov Kepri saat tiba di Pelabuhan Nongsapura.

Anggota DPRD Batam, Udin Sihaloho meminta pemerintah untuk menerapkan sistem Travel Bubble dengan baik.

Baca juga: Travel Bubble Dibuka, Wisman Masuk Kepri Dibatasi 3.500 Orang per Pekan

Seperti diketahui, kawasan travel bubble di Kota Batam hanya ada di Nongsa, dan terbatas untuk ressort yang ada serta club house. 

“Yang saya pertanyakan itu terkait pernyataan Kadispar Kepri yang bilang bahwa pengawasan wisman diserahkan ke pihak manajemen resort,” ujar Udin, Kamis (24/5/2022). 

Menurutnya dengan pernyataan Kadispar tersebut, ada ketidakhamornisan antara Satgas kota dan provinsi. 

Ia melihat ada perbedaan sistem pengawasan antara dua kawasan koridor Travel Bubble Nongsa Sensation Batam, dengan koridor Travel Bubble Lagoi Bintan.

Ia menyebutkan, untuk kawasan Travel Bubble Lagoi Bintan, diketahui bahwa area tersebut kini telah disterilkan dengan keberadaan petugas Satgas yang dibantu TNI-Polri pada area masuk dan keluar kawasan.

Sedangkan kawasan travel bubble Nongsa, hanya diawasi oleh pihak satgas manajemen resort masing-masing tempat wisman menginap dan Satgas dari kelurahan. 

Udin ragu wisman Singapura bisa betah hanya berada di kawasan Travel Bubble saja.

Baca juga: Pastikan Kesiapan Travel Bubble, Batam Siap Bikin Wisman Terkesan

"Karena wisman Singapura atau dari negara manapun, tidak sah ke Batam, apabila belum ke daerah Nagoya,” kata dia. 

Ia meminta Pemko Batam memastikan wisman tidak ke luar dari koridor sistem travel bubble. Menurutnya, perlu pengawasan ketat supaya masyarakat Batam juga menyambut baik kehadiran wisman. 

"Bukan tidak memperbolehkan mereka ke daerah lain. Tapi kan memang ada aturan karantina sementara, makanya koridor Travel Bubble hadir," kata dia.

Selanjutnya: Kadispar Kepri Pastikan Wisman di Kawasan Travel Bubble 

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Buralimar memastikan wisatawan mancanegara (wisman) Singapura tetap berada di kawasan travel bubble. 

Untuk Kota Batam, kawasan travel bubble yang dipilih yaitu kawasan wisata nongsa. Namun juga masih tetap dibatasi untuk beberapa tempat saja, yaitu Batam View Ressort, Montigo Ressort, Turi Beach Ressort, Nongsa Point Marina dan Tering Bay. 

“Mereka (para wisman) dipastikan tetap berada di kawasan travel bubble,” ujar Buralimar saat menyambut wisman Singapura saat pelayaran perdana travel bubble di Pelabuhan Nongsa Pura,Kamis (23/2/2022). 

Ia menjelaskan, setiap resort atau hotel telah memiliki satgas yang mengawasi pergerakan para wisman ketika berada di kawasan mereka. Selain itu, satgas dari kelurahan juga dikerahkan.  “Tugas mereka memastikan wisman tidak ke luar kawasan,” katanya. 

Walaupun begitu, wisman Sungapura dapat dikunjungi oleh keluarganya di tempat mereka menginap. Namun, ada persyaratan yang harus dipenuhi. 

Setiap keluarga yang ingin berkunjung wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Antigen atau Polymare Chain Reaction (PCR). 

“Boleh berkunjung, tapi harus tes Covid-19, dan itupun tidak boleh ke luar dari kawasan bubble,” katanya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews