Travel Bubble Dibuka, Wisman Masuk Kepri Dibatasi 3.500 Orang per Pekan

Travel Bubble Dibuka, Wisman Masuk Kepri Dibatasi 3.500 Orang per Pekan

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyambut kedatangan wisatawan Singapura di Pelabuhan Nongsapura, Batam (Foto: Margaretha/batamnews)

Batam, Batamnews - Pelayaran perdana travel bubble akhirnya dimulai hari ini, Rabu (23/2/2022). Wisatawan mancanegara (wisman) dari Singapura tiba di Batam melalui Pelabuhan Nongsa Pura.

Sebanyak 26 orang wisman Singapura akan berlibur di kawasan Nongsa, dan menginap di Turi Beach Resort dan Batam View Resort.

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad yang turut menyambut kedatangan wisman Singapura itu menyebutkan bahwa pihak Pemerintah Singapura masih membatasi arus masuk manusia ke negara tersebut, hanya 350 orang per satu pekan. Melalui program vaccinated travel lane (VTL).

VTL merupakan skema wisatawan dari negara-negara yang telah ditentukan, dapat masuk tanpa karantina dengan syarat sudah menjalani vaksinasi lengkap.

Baca juga: Ini yang Paling Dirindukan Wisatawan Singapura saat Berkunjung ke Batam

“Artinya dalam sehari hanya untuk 50 orang saja,” ujar Ansar.

Sedangkan Pemerintah Indonesia menetapkan akses masuk ke kawasan travel bubble mencapai 500 orang per hari, sehingga dalam satu pekan berjumlah 3.500 orang.

“Kalau bisa kita ingin seimbang juga, paling tidak sama-sama 500 orang per hari,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kepri, Buralimar menambahkan, pada langka pertama ini, pihaknya sedang mengupayakan pelaksanaan travel bubble sebaik mungkin.

Baca juga: Akhirnya Bisa ke Batam, Wisman Singapura: Saya Kangen Ayam Penyet

Setelah itu, kawasan travel bubble bisa diperluas hingga melingkupi seluruh Kota Batam dan Kabupaten Bintan. Saat ini kawasan travel bubble hanya dibatasi di Nongsa, Batam dan Lagoi, Bintan.

“Kami juga arahkan agar VTL dapat diterapkan juga di Batam dan Bintan,” ujarnya.

Sementara itu, General Manager PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Abdul Wahab menyampaikan, pihaknya berharap program VTL yang diterapkan Jakarta-Singapura bisa diterapkan juga untuk di kawasan Nongsa.

“Kami sedang komunikasi agar VTL yang diterapkan di Jakarta-Singapura itu bisa dilaksanakan di Nongsa ataupun di Lagoi,” ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews